oleh

Cara Mudah Bangun dari Tidur Agar Bisa Salat Malam

PortalMadura.Com – Seorang muslim dalam islam diajarkan untuk salat malam. Akan tetapi banyak diantara Anda sulit untuk melakukan hal itu. Salah satunya tantangan ketika hendak melaksanakan salat malam adalah susah untuk bangun tidur.

Karena, tidur malam sepertinya sudah menjadi kebiasan atau kewajiban untuk dijadikan jam istirahat setelah seharian beraktivitas. Disisi lain niat untuk salat malam sudah Anda tekankan dalam hati Anda untuk mengerjakan amalan salat sunah tersebut. Akan tetapi semua itu hasilnya nihil.

Lalu adakah cara supaya mudah bangun tidur untuk salat malam?. Jawabanya adalah ada. Namun sebelum beranjak pada jawaban, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa dalam kitab Tanbihul Mughtarrin, salat malam disebut sebagai suatu penghormatan. Dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (14/3/2020) dari laman Okezone.com.

Salat malam pada umumnya, sebagai bentuk penghormatan untuk orang-orang pilihan dan tentunya memenuhi kriteria. Salat malam hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang mengisi siang harinya dengan kebaikan tidak dengan kemaksiatan. Sebab orang yang melakukan kemaksiatan di siang hari belum layak untuk mendapatkan peghormatan tersebut.

Seperti itulah ilustrasi yang mudah dari apa yang diungkapkan oleh Ibrahim bin Adzham. Terdapat redaksi dalam kitab Tanbihul Mughtarrin adalah sebagai berikut:

Seseorang bertanya kepada Ibrahim bin Adham “Saya berat sekali melakukan salat malam, bagaimana mengobatinya?” Ia menjawab “berdiri, rukuk, dan sujud di malam hari di hadapan-Nya adalah suatu kehormatan, dan orang yang banyak dosa di siang hari tak layak memperoleh kehormatan tersebut.

Dalam penjelasan diatas, mengapa orang yang banyak melakukan dosa di siang hari tidak layak mendapatkan kehormatan tersebut dan kenapa orang yang banyak dosa di siang hari berat sekali untuk melaksanakan salat malam?. Jawabanya adalah karena, setiap larangan pasti memiliki konsekuensi atau akibat yang harus ditanggung jawabkan oleh pelakunya, begitu pun kemaksiatan.

Dalam kitab Imam al-Hârits al-Muhâsibi memperingatkan risalah al-Mustarsyidîn:

“Ketauhilah wahai saudaraku, bahwa dosa-dosa mengakibatkan kelalaian, dan kelalaian mengakibatkan keras (hati), dan keras hati mengakibatkan jauhnya (diri) dari Allah, dan jauh dari Allah mengakibatkan siksaan di neraka. Hanya saja yang memikirkan ini adalah orang-orang yang hidup, adapun orang-orang yang telah mati, sungguh mereka telah mematikan diri mereka dengan mencintai dunia.”

Baca Juga : Amalkan Doa Ini Tiap Hari Supaya Terhindar dari Segala Penyakit

Dan, demikianlah cara supaya Anda mudah bangun tidur untuk melakukan salat malam yaitu jangan mengisi siang hari dengan berbagai kemaksiatan atau perbuatan dosa yang mengakibatkan kelalaian, keras hati, dan juga jauh dari Allah. Maka perbanyaklah Anda melakukan hal-hal yang positif di siang hari. Hal tersebut akan ada penghormatan untuk Anda bisa mengerjakan salat malam.

Demikian, semoga bisa menjadi pelajaran bagi Anda untuk memastikan diri untuk menjadi lebih baik lagi (Aamiin). Waallahu A’lam.

Rewriter : Azizah
Sumber : Okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar