Cara Potong Kuku yang Baik Menurut Islam

Avatar of PortalMadura.com
Cara Potong Kuku yang Baik Menurut Islam
Ilustrasi (Islampos.Com)

PortalMadura.Com merupakan bagian tubuh yang bersifat lunak dan akan tumbuh kembali walau sudah dipotong. Kuku yang rutin dipotong akan bermanfaat bagi kesehatan Anda, karena kuku yang pajang merupakan sarang dari kuman. Ketika Anda memotong kuku, maka akan mencegah terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang ada di kuku.

Namun bagi sebagian orang suka memelihara kuku hingga panjang dan juga tidak banyak orang yang kurang menyukai kuku panjang. Jika Anda ingin memotong kuku maka ikuti sunah potong kuku dalam agama islam. Dilansir dari laman Umma.id berikut cara memotong kuku menurut agama islam, Sabtu (20/6/2020)

Keutamaan Memotong Kuku dalam Islam

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ada lima macam fitrah , yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 258)

Imam Nawawi rahimahullah berkata,

“Adapun batasan waktu memotong kuku, maka dilihat dari panjangnya kuku tersebut. Ketika telah panjang, maka dipotong. Ini berbeda satu orang dan lainnya, juga dilihat dari kondisi. Hal ini jugalah yang jadi standar dalam menipiskan kumis, mencabut bulu ketiak dan mencabut bulu kemaluan.” (Al Majmu', 1: 158).

Sunahnya dengan mengikuti cara yang terdapat dalam Kitab Almajmu, yaitu:

“Disunahkan untuk memulai dari tangan kanan kemudian tangan kiri, dari kaki kanan kemudian kaki kiri.”

Menurut Imam Nawawi, sunah dalam memotong kuku dimulai dari tangan kanan yakni jari telunjuk, tengah, manis, kelingking dan jempol. Lalu dilanjutkan jari tangan kiri, mulai dari jari kelingking, manis, tengah, telunjuk dan jempol.

Berikutnya kuku jari kaki, sunnahnya dimulai dari jari kelingking sebelah kanan sampai ke jempol. Kemudian kuku jari kaki kiri dimulai dari jempol sampai jari kelingking.

Hal tersebut tertuang dalam Kitab Fathul Bari, Imam Ibnu Hajar mengatakan:

“Tidak ada satu pun hadis yang menjelaskan tentang tertib memotong kuku. Akan tetapi Imam Nawawi menegaskan dalam kitab Syarh Muslim, bahwa disunahkan untuk memulai dari jari telunjuk tangan kanan, tengah, manis, kelingking, dan jempol. Untuk jari tangan sebelah kiri dimulai dari jari kelingking, manis, sampai jempol. Untuk kaki dimulai dari jari kelingking sebelah kanan sampai ke jempol, dan kaki sebelah kiri dimulai dari jempol sampai jari kelingking.”

Waktu Memotong Kuku

Dalam Islam hukum memelihara kuku hinga panjang tidak diperbolehkan lebih dari 40 hari. Hal ini terdapat pada dalil berikut:

“Kami diberi batasan dalam memendekkan kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketika, mencukur bulu kemaluan, yaitu itu semua tidak dibiarkan lebih dari 40 malam.” (HR. Muslim no. 258).

Yang dimaksud hadis ini adalah jangan sampai kuku dan rambut-rambut atau bulu-bulu yang disebut dalam hadits dibiarkan panjang lebih dari 40 hari (Lihat Syarh Shahih Muslim, 3: 133).

Memotong Kuku Sebelum Mengerjakan Salat Jumat

“Adapun menurut Imam asy-Syafi'e dan ulama-ulama asy-Syafi'eyah, sunah memotong kuku itu sebelum mengerjakan sembahyang Jumat, sebagaimana disunatkan mandi, bersiwak, memakai wewangian, berpakaian rapi sebelum pergi ke masjid untuk mengerjakan salat Jumat,” (Hadis riwayat Muslim)

Wallahu a'lam “Dan Allah Yang Mahatahu”

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.