Cemburu yang Boleh dan Tidak Boleh Dalam Islam

Avatar of PortalMadura.com
Cemburu yang Boleh dan Tidak Boleh Dalam Islam
Ilustrasi (Inilahkoran.com)

PortalMadura.Com – Perasaan memang biasa dialami oleh pasangan suami istri. Cemburu ini merupakan hal yang wajar namun jangan sampai berlebihan. Perasaan ini muncul secara alamiah karena setiap orang tidak menginginkan berbagi apa yang dimiliki.

Perasaan cemburu ini juga memiliki nilai yang baik bagi pasangan suami istri. Karena cemburu merupakan bukti sayang dari pasangan. Namun ada cemburu yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan .

Dalam Islam membolehkan seseorang cemburu pada pasangannya. Namun ada cemburu yang terlarang dan bisa menimbulkan murka Allah.

Dilansir dari laman Dream.co.id, Kamis (2/7/2020), ada cemburu yang dibolehkan dan tidak diperbolehkan dalam agama Islam. Anda harus tahu cemburu yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam Islam.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

” Sungguh cemburu itu ada yang disukai Allah dan ada juga yang dibenci Allah. Adapun cemburu yang disukai Allah adalah cemburu yang berdasar curiga (memiliki bukti yang jelas). Adapun cemburu yang dibenci Allah adalah cemburu yang tidak memiliki bukti yang jelas.”

Berdasarkan hadis di atas, dapat dijelaskan bahwa saat Anda cemburu terhadap pasangan harus memiliki bukti yang jelas. Bukan cemburu tanpa bukti dan pada akhirnya menjadi . Biasanya cemburu buta ini banyak terjadi pada sebagian perempuan.

Sebagian perempuan mengalami sikap cemburu buta pada suami yang memiliki bawahan. Namun, sebenarnya sikap ini akan membahayakan karier suami. Jika suami Anda memang diharuskan untuk berkomunikasi pada bawahannya yang perempuan, Anda harus bersikap normal.

Namun jika suami Anda berperilaku yang tidak sesuai norma dengan bawahannya, maka Anda boleh cemburu asal dengan bukti yang jelas.

Cemburu yang diperbolehkan, saat Anda memiliki bukti yang kuat seperti suami Anda makan berdua, pergi ke hotel, bahkan saling kirim pesan yang menandakan ada hubungan dengan perempuan lain. Hal ini dilakukan tanpa sepengetahuan Anda, maka Anda boleh cemburu.

Maka bagi Anda bijaklah saat cemburu pada pasangan. Jika perilaku pasangan Anda masih di batas normal dan sesuai norma maka cemburu itu tidak diperbolehkan.

Khususnya bagi perempuan jangan sampai cemburu berlebihan kepada suami. Karena bisa saja cemburu Anda akan merusak karier dan masa depan suami Anda. Bahkan tanpa Anda sadari, cemburu buta Anda akan membuat suasana keluarga Anda tidak harmonis.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.