oleh

Covid-19 Capai 309 Kasus di Indonesia, 25 Pasien Meninggal

PortalMadura.Com – Indonesia mengumumkan 82 kasus baru virus korona (Covid-19) pada Kamis (19/3/2020) sehingga totalnya menjadi 309 kasus.

Penambahan kasus ini merupakan yang tertinggi sejak Indonesia mengumumkan kasus positif pertama pada 2 Maret 2020.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan, dari total kasus itu sebanyak 25 orang meninggal dan 15 orang telah dinyatakan sembuh.

“Total kematian ini kurang lebih 8 persen dari total kasus yang kita rawat. Angka ini memang tinggi, tapi dinamis, mudah-mudahan tidak ada lagi kasus meninggal,” kata Yurianto dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Pasien Covid-19 yang meninggal rata-rata berusia 45 tahun hingga 65 tahun, namun ada satu kasus pasien meninggal yang berusia 37 tahun.

Menurut dia, hampir seluruh pasien yang meninggal memiliki penyakit pendahulu seperti diabetes, hipertensi, dan jantung kronis.

Sejauh ini ada 16 provinsi di Indonesia yang telah melaporkan kasus Covid-19.

Kasus terbanyak masih ditemukan di DKI Jakarta yakni 210 orang, kemudian Banten sebanyak 27 kasus, dan Jawa Barat sebanyak 26 kasus.

Pemerintah Indonesia memprediksi akan ada lebih banyak kasus positif yang ditemukan setelah rapid test secara massal dilaksanakan.

Yurianto menuturkan pelaksanaan rapid test harus disertai pemahaman masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Rumah sakit hanya akan merawat pasien Covid-19 yang tergolong sakit sedang dan sakit berat.

“Tapi tidak seluruhnya harus dirawat di rumah sakit, kasus tanpa gejala atau gejala ringan bisa isolasi diri di rumah dengan monitoring oleh puskesmas atau petugas kesehatan,” ujar dia.

Pemerintah akan melibatkan sejumlah aplikasi kesehatan yang memiliki layanan konsultasi dengan dokter secara online, salah satunya Halodoc.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar