Dalam Islam, Ini 4 Cara Mudah Atasi Kesedihan

Avatar of PortalMadura.com
Dalam Islam, Ini 4 Cara Mudah Atasi Kesedihan
Ilustrasi (Dream.co.id)

PortalMadura.Com – Dalam kehidupan tidak hanya ada kebahagiaan tapi pasti juga . Hal itu normal dan bisa terjadi pada siapapun. Hanya saja seseorang tidak boleh berlarut-larut ketika bersedih. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Selain itu, jangan jadi lemah karena kesedihan. Karena yakinlah sesudah kesedihan pasti ada kebahagiaan. Sebagaimana firman Allah SWT: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (Q.S Ali ‘Imran : 139).

Allah SWT juga berfirman: “Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” (QS. At Taubah: 40)

Jika Anda menjadi lemah, jangan semakin bersedih, karena kesedihan itu akan menghantarkan Anda menjadi orang-orang yang derajatnya tinggi. Jika kita benar-benar orang yang beriman. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut beberapa cara mengatasi kesedihan dalam pandangan Islam.

Perbanyak Zikir kepada Allah

Selain berpahala, zikir juga membuat hati menjadi tenang dan kesedihan pun akan mereda.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca subhanallah setiap selesai shalat 33 x membaca alhamdulillah 33 x, membaca Allahu Akbar 33x hingga menjadi 99. beliau bersabda lalu disempurnakan menjadi seratus dengan Laa ilaha illallah wahdahu' laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli Syaiin qadir, diampuni dosanya sekalipun seperti buih lautan.” (HR. Muslim).

Perbanyak Salawat

Jika rajin berzikir kepada Allah kemudian bersalawat, maka kesedihan insyaAllah akan hilang. Salawat selain bisa memudahkan segala urusan, juga dapat menenangkan hati.

Perbanyak Salat Sunah

Bangun pada waktu malam di saat orang-orang tertidur, lalu laksanakan salat sunah. Salat merupakan bentuk komunikasi kepada Allah, maka pada saat itu curhatlah kepada Allah, adukan semuanya kepada Allah, dan memohon kepada Allah.

Optimis dalam Hidup

Tetap optimis dalam hidup dengan bersandar kepada Allah. Allah tidak akan menguji hamba-Nya di luar kemampuan sang hamba. Allah juga menjanjikan di balik kesulitan ada kemudahan.

Allah SWT berfirman dalam surah Ar-Ra'd ayat 11 yang artinya : “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia” (QS Ar-Ra'd: 11).

Dengan optimis dalam menjalani hidup, Anda akan lebih semangat untuk melaksanakan beribadah, dan semangat untuk bekerja dan berusaha.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.