Dalam Islam, Ini 7 Adab Malam Pertama bagi Pengantin Baru

Avatar of PortalMadura.com
Dalam Islam, Ini 7 Adab Malam Pertama bagi Pengantin Baru
Ilustrasi (Madaninews.id)

PortalMadura.Com – Malam pertama merupakan malam yang indah sekaligus menegangkan bagi . Namun dalam Islam, hal ini akan bernilai ibadah jika mengikuti adab atau aturannya.

Ada beberapa yang harus diketahui pengantin baru. Lantas apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut penjelasannya:

1.Suami mengucapkan salam kepada istri, sebagaimana contoh dari Rasulullah SAW

2. Mencandai istri dengan memberikan minuman atau manisan, atau dengan candaan dan obrolan ringan yang mubah supaya suasana tidak agak “tegang”

3. Meletakkan tangan di kening atau kepala istri dan berdoa: Allahummaa innii as-aluka min khairihaa wa khairi maa jabaltahaa alaihi. Wa ‘audzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa syarri maa jabaltahaa alaihi

“Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiat yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.” (HR. Bukhari)

4. Salat dua rakaat bersama istri (riwayat dari para salaf). Lebih menenangkan hati keduanya dan mengurangi “ketegangan” (Bacaan boleh dikeraskan, suami sebagai imam, jadi perbaiki tahsin sebelumnya)

5. Disunahkan bersiwak atau sikat gigi sebelumnya

6. Membaca doa akan berhubungan intim (jima). Pendapat terkuat hanya dibaca oleh suami, dan istri harus sering mengingatkan suami agar membacanya.

“Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.” (HR. Bukhari-Muslim)

Melansir laman MuslimAfiyah pada Selasa (29/6/2021) disebutkan, Rasulullah SAW bersabda: “Maka, apabila Allah menetapkan lahirnya seorang anak dari hubungan antara keduanya, niscaya syaitan tidak akan membahayakannya selama-lamanya.”

7. Jika ingin mengulangi (biasanya pengantin baru), maka disunahkan wudu atau mandi jika ingin mengulangi, pendapat terkuat adalah suami saja yang melakukan (jangan lupa sebelum tidur, jika belum mandi wajib, sebaiknya wudu dalam pendapat lain boleh tayammum)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.