Dikerjakan pada Akhir Syaban, Ini 3 Amal Salih Berpahala Besar Sambut Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari

PortalMadura.Com – Seluruh umat Islam akan memasuki bulan Ramadan 1443H/2022M. Banyak hal yang dipersiapkan, salah satunya yaitu mengerjakan amalan salih di akhir bulan Syaban. Lantas, amalan yang seperti apa yang bisa dilakukan kaum Muslimin dalam menyambut serta mempersiapkan diri menuju bulan Ramadan?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari buku saku ‘Sukses Ibadah Ramadan’, berikut beberapa amalan berpahala besar yang bisa Anda lakukan di akhir syaban:

Selain itu, disarankan menyambut Ramadan dengan banyak beribadah dan sedekah. Seperti diterangkan dalam hadis yang artinya: “Diriwayatkan dari Anas, beliau berkata: ‘Bahwa umat Islam ketika masuk bulan Syaban, maka senantiasa membaca Alquran dan mengeluarkan zakat hartanya, sebagai bantuan untuk orang miskin dalam menghadapi puasa’.” (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138)

Apa yang sudah dijelaskan tersebut dapat memberitahukan secara gamblang bahwa umat Islam ketika menjelang Ramadan bisa melakukan amal salih (1) membaca Alquran, (2) mengeluarkan zakat kepada fakir miskin, (3) membiasakan puasa sunah.

Semoga umat Islam bisa menjalankan amalan ini dengan sebaik-baiknya agar Ramadan tahun ini bisa dilalui dalam lindungan Allah SWT.

Wallahu a’lam bissawab.

Jangan Lupa Akses Berita dari Kami di Google News & Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.