Kalam  

Doa Nabi Khidir: Keajaiban yang Selalu Membuat Hati Tentram

Avatar of PortalMadura.com
Doa Nabi Khidir: Keajaiban yang Selalu Membuat Hati Tentram
Doa Nabi Khidir: Keajaiban yang Selalu Membuat Hati TentramDoa Nabi Khidir: Keajaiban yang Selalu Membuat Hati Tentram

PortalMadura.comDoa Nabi Khidir merupakan salah satu doa yang populer di kalangan umat Islam. Banyak orang yang membaca doa ini untuk memohon keberkahan dan keberuntungan.

Doa Nabi Khidir juga dikenal sebagai salah satu doa yang memiliki banyak keajaiban.

Siapakah Nabi Khidir?

Nabi Khidir AS adalah salah satu nabi yang dikenal memiliki mu’jizat, salah satunya adalah dapat menyembuhkan orang yang sedang sakit dengan perantara doa yang beliau panjatkan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang mencari doa dari Nabi Khidir untuk mengobati penyakit.

Keistimewaan Doa Nabi Khidir

Doa Nabi Khidir memiliki keistimewaan tersendiri. Doa ini sangat dianjurkan bagi umat Islam karena memiliki banyak manfaat. Salah satu keistimewaan doa Nabi Khidir adalah bisa membuka pintu rezeki yang tersembunyi. Selain itu, doa ini juga bisa menghilangkan rasa cemas dan gelisah dalam hati.

Kumpulan Doa Nabi Khidir dalam Al-Quran

Doa Nabi Khidir

Doa Nabi Khidir Untuk Menyembuhkan Penyakit

Nabi Khidir AS memiliki mu’jizat dapat menyembuhkan orang yang sedang sakit dengan peratara doa yang beliau panjatkan kepada Allah SWT.

Adapun doa Nabi Khidir untuk menyembuhkan penyakit adalah sebagai berikut :

أَقْسَمْتُ عَلَيْكِ أَيَّتُهَا اْلعِلَةُ بِعِزَّةِ عِزَّةِ اللهِ وَبِعَظَمَةِ عَظَمَةِ اللهِ وَبِجَلاَلِ جَلَالِ اللهِ وَبِقُدْرَةِ قُدْرَةِ اللهِ وَبِسُلْطَانِ سُلْطَانِ اللهِ وَبِلاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَبِمَا جَرَى بِهِ اْلقَلَمُ مِنْ عِنْدِ اللهِ وَبِلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ إِلاَّ انْصَرَفْتِ

Aqsamtu ‘alaiki ayyatuhal ‘illatu bi‘izzati ‘izzatillaah, wa bi’azhomati azhomatillaah, wa bijalaali jalaalillaah, wa biqudroti qudrotillaah, wa bisulthooni sulthoonillaah, wa bilaa ilaaha illaah, wa bimaa jaroo bihil qolamu min ‘indillaah, wa bilaa hawla walaa quwwata illaa billaah, illanshorofti.

Artinya:

Aku bersumpah, wahai penyakit, dengan kemulian kemulian Allah, dengan kebesaran kebesaran Allah, dengan keagungan keagungan Allah, dengan kekuasaan kekuasaan Allah, dengan kerajaan kerajaan Allah, dengan kalimat ‘Laa ilaaha illaah’, dan apa yang ditulis oleh Al-Qalam di sisi Allah, juga dengan kalimat ‘Laa hawla walaa quwwata illaa billaah’, kecuali kamu pergi.

Bagaimana Cara Mengamalkannya?

Doa Nabi Khidir ini dapat diamalkan dengan cara sebagai berikut:

  1. Baca doa Nabi Khidir ini sebanyak 21 kali pada waktu pagi dan malam hari, setelah sholat fardhu dan sebelum tidur.
  2. Bacalah doa ini dengan khusyuk dan penuh keyakinan bahwa Allah SWT akan menyembuhkan penyakitmu.
  3. Setelah membacanya, jangan lupa mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya.

Jangan lupa juga untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala penyakit dan musibah yang bisa menimpa kita

Doa Nabi Khidir Untuk Mancing

Karena Nabi Khidir AS dalam kisahnya dikenal hidup dilautan maka tidak salah jika ada salah satu Doa dari beliau tentang mancing ikan.

Adapun doa nabi khidir untuk mancing ikan adalah seperti dibawah ini :

بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَسُوْقُ الْخَيْرَ إلَّا اللهِ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَصْرِفُ السُّوْءَ إلَّا اللهُ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ مَا كَانَ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللهِ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Bismillahi masya allah laayasukul khaira illallah, Bismillahi masya allah laayasrifusua’ illallah, Bismillahi masya allah maakana minni’mati faminallah, Bismillahi masya allah walaahaula walaakuwwata illabillah

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah, tidak ada yang mampu mendatangkan kebaikan kecuali Allah. Dengan menyebut nama Allah, tidak ada yang bisa menolak kejelekan kecuali Allah. Dengan menyebut nama Allah, semua kenikmatan hanya datang dari Allah. Dengan menyebut nama Allah, tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah Dzat yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Zat yang Maha Agung. Dan tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah Dzat yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat Dan Untuk Kekayaan

Bagi ummat muslim yang sedang memiliki hajat atau keinginan yang mendesak dan jumlahnya cukup banyak maka bisa membaca salah satu doa Nabi Khidir AS.

Adapun doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat dan kekayaan adalah seperti berikut ini :

دُعَاءُ الْفَرَجِ أَو دُعَاءُ الخَضِرِ عليه السلام

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

اَللَّهُمَّ كَمَا لَطَفْتَ فِى عَظَمَتِكَ دُونَ اللُّطَفَاءِ، وَعَلوْتَ بِعَظَمَتِكَ عَلَى الْعُظَمَاءِ ، وَعَلِمْتَ مَاتَحْتَ أَرْضِكَ كَعِلْمِكَ بِمَا فَوْقَ عَرْشِكَ ، وَكَانَتْ وَسَاوِسُ الصُدُورِ كَاْلعَلاَنِيَّةِ عِنْدَكَ ، وَعَلاَنِيَّةُ اْلقَوْلِ كَالسِّرِ فِى عِلْمِكَ ، وَانْقَادَ كُلُّ شَىْءٍ لِعَظَمَتِكَ ، وَخَضَعَ كُلُّ ذِى سُلْطَانٍ لسُلْطَانِكَ ، وَصَارَ أَمْرُ الدُّنْيَا والْأَخِرَةِ كُلُّهُ بِيَدِكَ، اِجْعَلْ لِى مِنْ كُلِّ هَمٍ أَصْبَحْتُ أَوْ أَمْسَيْتُ فِيهِ فَرَجًا وَمَخْرَجًا، اللَّهُمَّ إِنَّ عَفْوَكَ عَنْ ذُنُوبِى ، وَتَجَاوَزَكَ عَنْ خَطِيئَتىِ ، وَسِتْرَكَ عَلَى قَبِيحِ عَمَلِى ، أَطمِعْني أَنْ أَسْألَكَ مَا لاَ أَسْتَوْجِبُهُ مِنْكَ مِمَّا قَصَّرْتُ فِيهِ ، أَدْعُوكَ اَمِنًا وَأَسْألُكَ مُسْتَأْنِسًا . وَإِنَّكَ الْمُحْسِنُ إِلَىَّ، ، وَأَنَا الْمُسِيئُ إلىَ نَفْسِى فِيِمَا بَيْنِى وَبَيْنِكَ ، تَتَوَدَّدُ إِلىَّ بِنِعْمَتِكَ، وَأَتَبَغَّضُ إلَيْكَ بِالْمعَاصِى، وَلَكِنَّ الثِّقَةَ بِكَ حَمَلَتْنِى علَى الْجَرَاءَةِ عَلَيْكَ، فَعُدْ بِفَضْلِكَ وإحْسَانِكَ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الَّرَحِيم، وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Artinya :

“ Ya Allah, sebagaimana Engkau bersikap lemah lembut dalam keagungan-Mu melebihi segala yang lemah lembut, dan Engkau Maha Tinggi degan kegungan-Mu atas segala yang agung, dan Engkau Maha Mengetahui apa yang ada di dalam bumi-Mu sebagaimana Engkau mengetahui apa yang ada di atas ‘arsy-Mu, dan bisikan hati di sisi-Mu sama seperti ucapan terang-terangan, dan ucapan terang-terangan sama di sisi-Mu dengan bisikan hati, dan tunduklah segala sesuatu kepada keagungan-Mu, dan merendahlah segala yang memiliki kekuasaan kepada kekuasaan-Mu, dan jadilah perkara dunia dan akhirat berada di tangan-Mu, jadikanlah bagiku dari segala keluh-kesah yang menimpaku pada sore / pagi hari kelapangan dan jalan keluar darinya. “

” Ya Allah, sesungguhnya kemaafan-Mu atas dosa-dosaku, dan penghapusan-Mu atas semua kesalahanku, dan penutupan-Mu atas perbuatan burukku, kesemuanya itu mendorongku untuk memohon kepada-Mu apa-apa yang aku tak pantas menerimanya dari apa-apa yang aku teledor padanya, aku memohon kepada-Mu dalam keadaan aman, dan aku meminta kepada-Mu denga keadaan rasa senang hati, sedangkan Engkau adalah selalu berbuat baik kepadaku, dan aku selalu berbuat jahat terhadap diriku sendiri dalam masalah yang menyangkut hubungan aku dengan Engkau. “

” Engkau selalu membuatku menyayangi-Mu dengan senantiasa memberi nikmat-Mu kepadaku meskipun Engkau tidak membutuhkan aku, dan aku selalu membuat-Mu murka dengan bermaksiat kepada-Mu, akan tetapi kepercayaanku kepada-Mu membawaku untuk berani (memohon) kepada-Mu, maka jenguklah aku dengan karunia dan kebaikan-Mu kepadaku, dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat, lagi Maha Penyayang. “

Doa Nabi Khidir Menundukkan Musuh

Jika dalam perjalanan hidup mendapati musuh yang nyata akan tetapi sedang tidak ingin menghadapinya maka amalkan doa Nabi Khidir AS.

Adapun doa nabi khidir menundukkan musuh adalah seperti dibawah ini :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَدْرَأُ بِكَ فِيْ نَحْرِهِ وَاسْتَكْفِيْكَ غَضَبَهُ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ

Allahumma inni idzroubika fiyy nahrihi wastakfyyka ghidzobahu wa ‘audzubika min syarrihi

Artinya :

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung padaMu pada lehernya musuh itu (kuserahkan matinya musuh itu padaMu), dan aku mohon perlindungan kepadaMu dari marahnya musuh itu, dan aku berlindung padaMu dari kejahatannya musuh itu.

Waktu terbaik untuk membaca Doa Nabi Khidir

Tidak ada waktu khusus yang diatur untuk membaca doa Nabi Khidir. Namun, banyak orang yang membaca doa ini setelah shalat fardhu atau ketika sedang dalam kesulitan.

Cara membaca Doa Nabi Khidir

Berikut ini adalah cara membaca doa Nabi Khidir:

  • Pertama, baca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 3 kali.
  • Kemudian, bacalah doa Nabi Khidir sebanyak 3 kali.
  • Setelah itu, baca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 3 kali lagi.

Keajaiban Doa Nabi Khidir

Doa Nabi Khidir memiliki banyak keajaiban. Beberapa keajaiban yang sering terjadi setelah membaca doa ini antara lain adalah membuka pintu rezeki yang tersembunyi, mendapatkan perlindungan dari segala macam bahaya, serta mempermudah segala urusan dan menghindarkan dari segala macam musibah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.