oleh

Doa untuk Pengantin Baru Dalam Islam

PortalMadura.Com – Pernikahan merupakan ibadah suci dan mulia yang menjadi impian setiap orang. Seringkali Anda di undang pernikahan teman, kerabat, atau saudara Anda pasti akan muncul perasaan untuk segera menikah.

Menikah ini bukan hanya menyatukan dua insan, namun juga menyatukan dua keluarga. Saat Anda datang kepernikahan teman, saudara, dan kerabat Anda. Ada doa yang harus Anda bacakan. Dilansir dari laman Popmama.com, Jumat (24/7/2020) berikut doa yang bisa Anda bacakan jika datang kepernikahan.

iklan pilbup

Doa Akad Nikah

Saat akad nikah yang disertai resepsi berikut doa yang bisa Anda bacakan. Doa ini harus berisikan kebaikan dengan niat yang benar. Doa dari Rasulullah SAW yang direkam dalam hadis sahih dan diriwayatkan Abu Hurairah berbunyi:

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.”

Artinya: mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

Doa Setelah Akad

Setelah akad juga ada doa yang bisa Anda panjatkan. Doa ini disarankan dibacakan oleh mempelai pria dengan memegang ubun-ubun istrinya dan membaca doa berikut :

“Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.”

Artinya: ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

Selain itu ada doa saat mau berhubungan intim yang harus Anda bacakan. Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA dalam HR. Bukhari No. 6388 dan Muslim No. 1434. Doa yang harus dibaca adalah:

“Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.”

Artinya: Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

Doa ini dibaca oleh pasangan suami istri yang menginginkan dianugerahi momongan. Seperti disebutkan dalam QS. As-Shafat: 100 yang berbunyi:

“Robbi hablii minash shoolihiin.”

Artinya: ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang saleh.”

Menurut pandangan Syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam Majmu’ Fatawa Ibnu Baz 8:423, tak masalah memanjatkan doa sebagaimana doa Nabi Zakaria AS ketika memohon dikaruniai keturunan. Maka dari itu kamu juga boleh membaca doa dengan lafaz:

“Ya Allah, berilah aku keturunan yang baik, anugerahkanlah aku keturunan yang saleh.”

Wallahu a’lam bish-shawabi

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Popmama.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar