oleh

DPMD Sumenep Apresiasi Lobuk Raih Juara 4 Lomba Desa Tingkat Regional

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintahan Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Sumenep, Madura, meraih juara 4 pada lomba desa yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Hal itu berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/466/KPTS/013/2021 tentang pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat regional.

“Saya rasa, Desa Lobuk memang pantas mendapat juara sebagai Duta Sumenep. Sebab, Desa Lobuk menyandang Desa Mandiri,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli, Sabtu (11/9/2021).

Pihaknya mengapresiasi raihan Desa Lobuk tersebut dan berharap dapat menjadi contoh dan penyemangat desa lain di Sumenep agar terus berkreasi dan berinovasi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sumenep.

“Mari kita buktikan bahwa orang desa bisa,” tandasnya.

Sebelumnya, Desa Lobuk mengkuti tahapan penilaian lomba desa dan kelurahan. Kegiatan itu berlangsung sejak Juni-Agustus tahun 2021.

Pada pekan ke empat Juli 2021 penilaian penerimaan dokumentasi dan pekan kedua bulan Juli merupakan penilaian administrasi.

Kemudian, pekan pertama dan empat pada bulan Juli merupakan penilaian pemaparan peserta lomba, pekan kelima bulan Juli sampai Agustus penilaian klarifikasi lapangan.

Dan pada pekan ke tiga bulan Agustus 2021 merupakan penetapan juara lomba desa dan kelurahan tingkat regional. Dan Desa Lobuk dinobatkan sebagai juara 4 pada lomba tersebut.

Indikator dan mekanisme penilaian, sudah tercantum dalam lampiran II Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 yang meliputi evaluasi pemerintahan desa dan kelurahan, evaluasi bidang kewilayahan dan evaluasi bidang kemasyarakatan desa dan kelurahan.

Tema pada lomba desa dan kelurahan tersebut, “Desa dan Kelurahan Bangkit, Maju Sejahtera di Masa Pandemi Covid-19”.(*)

Komentar