oleh

DPS Pemilu 2014 sebanyak 915.244 orang

Sumenep (Portal Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menemukan ribuan nama ganda calon pemilih pada masa perbaikan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu Legislatif 2014.

Komisioner KPU Sumenep Ali Fikri, Jumat, menjelaskan jumlah warga setempat yang tercatat dalam daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2014 sebanyak 915.244 orang.

“Sejak penetapan dan pengumuman DPS itu, kami bersama jajaran terus mengecek nama-nama tersebut, dan ternyata terdapat ribuan nama ganda dan orang yang sudah meninggal dunia,” ujarnya di Sumenep.

Sesuai hasil perbaikan, kata dia, pihaknya menetapkan DPS Hasil Perbaikan (DPS HP) Pemilu 2014 sebanyak 913.770 orang atau berkurang 1.474 orang dibanding DPS.

“Saat ini pun yang merupakan masa menjelang penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014, kami bersama jajaran terus berbenah supaya warga yang sudah memenuhi syarat itu benar-benar tercatat sebagai pemilih,” ucapnya.

Sementara warga yang tidak memenuhi syarat sebagai pemilih, tidak tercatat lagi sebagai calon pemilih.

“Kami butuh partisipasi aktif warga supaya nantinya DPT Pemilu 2014 itu valid. Sekali lagi, warga yang merasa memenuhi syarat sebagai pemilih dan belum tercatat dalam DPS hingga DPS HP, supaya melaporkan kepada panitia pemungutan suara (PPS) agar namanya dicatat sebagai calon pemilih,” paparnya.

Ia juga mengemukakan, sesuai jadwal tahapan dari KPU RI, penetapan DPT Pemilu 2014 oleh KPU kota/kabupaten dijadwalkan pada 13 September 2013 dan selanjutnya diumumkan pada 20 September 2013.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.