DPT Bangkalan Berkurang 4 Ribuan Pemilih

  • Bagikan

BANGKALAN (PortlaMadura) – Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan legislatif (pileg) 2014 mendatang di Kabupaten Bangkalan, berkurang hingga 4 ribuan pemilih. Itu diketahui setelah pihak KPU setempat melakukan rekapitulasi perubahan, Minggu (13/10/2013).

Penetapan DPT yang dilakukan KPU pada bulan kemarin tercatat 960.785. Setelah dilakukan rekapitulasi perubahan DPT akhir, jumlah DPT menjadi 956.742 orang. Sehingga penyusutan DPT mencapai 4043. Sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) tetap sama yaitu sebanyak 2.557.

Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jakfar membenarkan jika jumlah DPT berkurang. Pnetapan DPT satu bulan yang lalu telah dilakukan penetapan awal hingga penetapan akhir DPT yang saat ini dilakukan berkurang hingga 4043 DPT.

“Setelah melakukan perubahan, maka Kekurangan hingga 4 ribuan lebih,” katanya.

Rinciannya, DPT perempuan sebanyak 491.102 dan laki-laki sebanyak 565.640. Sehingga total keseluruhan DPT mencapai 956.742.

Dia menjelaskan, penyebab berkurang DPT, karena banyak faktor. Salah satunya, karena ada pemilih ganda, sehingga harus dilakukan perubahan. “Kalau misalnya masih ada warga yang belum terdaftar untuk menjadi peserta pemilu, maka masih ada peluang untuk mendaftar ke PPK atau lurah sesuai dengan lokasinya, karena masih akan disiapkan formulir khusus yang kemudian nantinya akan ditetapkan oleh KPU Provinsi,” terangnya.(roro/htn)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.