Guys, Jangan Ucapkan Kalimat Ini Saat Tengkar Dengan Pasangan

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Jangan Ucapkan Kalimat Ini Saat Tengkar Dengan Pasangan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam sebuah hubungan pasti ada yang namanya perdebatan baik itu dalam hubungan ‘pacaran' apalagi hubungan suami istri. Biasanya hal-hal yang sering memunculkan perdebatan seperti mengenai sikap, uang cara mendidik anak, pembagian kerja atau lain-lainnya yang dapat memicu perdebatan antarpasangan. Banyak terapis yang mengatakan bahwa perdebatan dalam pernikahan merupakan hal alami dan wajar, bahkan bisa menjadi ciri hubungan sehat asalkan berjalan di koridor yang tepat.

Terkadang saat bertengkar, kita tidak bisa menahan emosi. Namun, ada lima kalimat yang sebaiknya tidak pernah Anda ucapkan pada saat bertengkar, karena bisa menimbulkan efek negatif bagi pernikahan Anda.

1. Seharusnya Aku Menikah dengan Si A

Perlu diwaspadai bila Anda terlanjur mengucapkan kalimat tersebut. Membawa-bawa hubungan di masa lalu saat berargumen merupakan hal yang sangat tidak tepat. Kalimat tersebut bisa berarti merendahkan harga diri pasangan sehingga membuatnya mulai meragukan komitmen Anda terhadap pernikahan. Hal tersebut juga bisa menimbulkan kecemburuan dan kebencian, yang dapat menyebabkan perkelahian lebih besar di masa depan.

2. Aku Ingat Kesalahan Kamu Dulu

Dalam perdebatan, mengungkit-ungkit kesalahan dimasalalu oleh pasangan Anda tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaiknya lupakan dan jangan pernah mengungkit kesalahannya kembali apalagi kondisi Anda dan pasangan Anda sedang memanas. Gary Chapman dalam bukunya The 5 Love Languages: The Secrets to Love that Lasts mengatakan, “Memang menyakitkan jika pasangan pernah menyakiti Anda. Namun jika dia sudah meminta maaf, sebaiknya Anda membiarkannya menjadi sejarah.”

3. Kamu Sama Seperti Ibu/Ayahmu

Bila Anda mengucapkan kalimat ini, menandakan Anda tidak menghormati Ayah atau Ibu mertua Anda. Hal tersebut berarti Anda menguliti karakter negatif yang ada pada Ayah atau Ibu mertua dan menjatuhkan bom ke depan anaknya. Hal ini akan memunculkan perdebatan yang lebih besar.

4. Aku Malu Karena Kamu

Jangan pernah mengucapkan kalimat tersebut, karena bisa menyebabkan kerusakan permanen dalam pernikahan Anda. Ketahuilah, diremehkan oleh orang terdekat merupakan sesuatu yang sangat menyakitkan, karena seharusnya pasanganlah yang merupakan orang pertama yang mendukung dan paling mehami diri Anda.

4. Aku Tak Pernah Mencintaimu

Kalimat tersebut merupakan kalimat terburuk diantara yang lain. Ucapan tersebut akan mulai mengacaukan kepercayaan yang telah Anda bangun bersama pasangan Anda dan menyebabkan kerusakan hubungan yang tidak dapat diperbaiki dalam jangka panjang. Ketidaksepakatan dan argumen terjadi pada pasangan mana pun, tetapi seharusnya tidak sampai menghancurkan pernikahan Anda. Daripada mengatakan kalimat tersebut, cobalah untuk berbesar hati dan mengucapkan permintaan maaf. (liputan6.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.