Guys, Ketahui 5 Tanda Ponsel Anda Disadap

Avatar of PortalMadura.com
penyadapan ponsel
ilustrasi
    Bagikan:

Pesan Aneh
Pesan mengganggu atau spam juga dapat menjadi salah satu indikator untuk mengetahui sebuah perangkat telah berhasil disusupi pihak asing. Karenanya, sebisa mungkin untuk tidak mengabaikan begitu saja pesan yang tiba-tiba muncul dan berisi karakter, angka, atau simbol acak.

Penyerangan melalui pesan singkat semacam ini biasanya dilakukan oleh pelaku kejahatan siber. Bahkan, apabila berhasil menyusup ke perangkat korban, pihak penyerang dapat mengirim pesan tanpa diketahui oleh korban.

Terkadang, pesan yang terkirim itu menjadi celah untuk menyerang korban lain yang diambil berdasarkan kontak korban pertama. Untuk itu, perhatikan pesan yang terkirim dari perangkat Anda, dan perhatikan apakah ada pesan yang dikirim tanpa persetujuan pengguna.

Baca Juga:  30 Bingkai Twibbon Idul Adha 2022, untuk Sosial Media

Aplikasi yang Tiba-tiba Terpasang
Hampir sebagian besar pengguna smartphone pasti menyadari aplikasi dan tampilan layar perangkatnya, tapi hal itu bukan berarti menghilangkan risiko kedatangan aplikasi berbahaya. Pada beberapa kasus, penyerang ternyata berhasil memasang aplikasi tanpa sepengetahuan pengguna.

Terkadang, aplikasi itu tidak ditampilkan di layar smartphone, tapi dapat berjalan secara background. Untuk itu, perhatikan pula aplikasi yang sedang berjalan dan lihat apakah ada aplikasi yang tidak biasa untuk memastikan perangkat Anda baik-baik saja.

Kendati demikian, sebenarnya ada sejumlah cara untuk mencegah pihak lain berusaha untuk menyadap atau menyusup ke perangkat Anda. Salah satu cara yang cukup mudah adalah selalu mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi. (liputan6.com/Salimah)

Baca Juga:  30 Aplikasi Twibbon Idul Adha 2022, Tinggal Pakai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.