Hadapi Perubahan Sosial Budaya Dengan Sikap dan Nilai-Nilai Bangsa

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Mariyatul KiptiyahEditor: Hartono
Hadapi Perubahan Sosial Budaya Dengan Sikap dan Nilai-Nilai Bangsa
Hadapi Perubahan Sosial Budaya Dengan Sikap dan Nilai-Nilai Bangsa

PortalMadura.Com – Teknologi semakin berkembang pesat membawa perubahan terutama perubahan . Untuk itu, Kita harus mempunyai bekal untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan tersebut.

Perubahan yang terjadi akibat sosial budaya dapat mengakibatkan dampak yang buruk terhadap generasi penerus bangsa. Sehingga kita harus mempunyai persiapan baik secara fisik, mental dan pengetahuan untuk mengahadapi .

Kokoh Terhadap Nilai-Nilai Karakter budaya Bangsa

Menurut Sri Haryati dalam jurnal Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 (2013), pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan nilai-nilai budaya karakter bangsa di sekolah dengan berlandaskan pada Pancasila, UUD 1945, dan kebudayaan bangsa.

Indonesia memiliki jati diri yang perlu kita jaga agar tidak hilang dan terlupakan sebab perubahan sosial budaya.
Mempelajari dan memperkokoh nilai-nilai bangsa untuk menjadi bekal mengahadapi perubahan sosial budaya bukan sebagai penolakan terhadap perembangan zaman yang datang membawa perubahan dan membuat zaman semakin berkembang. Justru sebaliknya, karena pancasila sendiri adalah ideolgi bangsa yang memiliki sifat terbuka.

Menurut M. Syamsudin dan kawan-kawan dalam Pendidikan Pancasila : Menempatkan Pancasila dalam Konteks Keislaman dan Keindonesiaan (2009), Pancasila adalah ideologi terbuka yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman.

Alasan memperkokoh nilai-nilai karakter budaya bangsa yang berdasarkan pancasila adalah karena hal tersebut menjadi dasar untuk menghadapi perubahan sosial budaya.

indonesia mempunyai karakter yang menjunjung tinggi toleransi, gotong royong, nilai moral da etika juga budi pekerti yang baik. jika kita memperkokoh nilai-nilai tersebut, kita bisa menghadapi dan siap atas perubahan budaya sosial yang tidak sesuai yakni; kenakalan remaja, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, merosotnya moral dan etika akibat perubahan sosial dan budaya.

Tidak semua perubahan sosial budaya memberikan dampak negatif, sosial budaya juga hadir memberikan dampak positif yakni; meningkatnya penguasaaan ilmu pengetahuan, terbukanya peluang mobilitas dan mewujudkan kesetaraan gender. Alangkah baiknya, kita bisa memilih yang positif dan menerima perubahan sosial budaya yang datang untuk membuat bangsa maju dan terus berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.