Hadiri Pernikahan Teman Non Muslim di Gereja, Bagaimana Hukumnya?

Avatar of PortalMadura.com
Hadiri Pernikahan Teman Non Muslim di Gereja, Bagaimana Hukumnya?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menghadiri acara teman memang menjadi suatu adat atau budaya yang terjadi dalam masyarakat pada umumnya. Hal ini tidak lain agar saling menjalin rasa persaudaraan dan silaturahmi antara satu dengan yang lainnya.

Tapi, bagaimana jika yang akan dihadiri adalah pernikahan teman non muslim di , bolehkah dan bagaimana hukumnya dalam Islam?.

Dalam masalah ini, para ulama memiliki pendapat yang saling bersilangan mengenai hukum memasuki gereja. Sebagian ulama mengatakan jika makruh hukumnya masuk ke dalam Gereja, sebab Gereja adalah tempatnya para setan yang dikemukakan kalangan mazhab Hanafi.

Sebagian ulama mengatakan jika tidak boleh atau haram masuk ke dalam gereja kecuali atas izin dari mereka atau non muslim yang mengundang.

Pendapat ini juga diikuti sebagian Syafi ‘iyyah serta sebagian lainnya yang mengatakan boleh meskipun tidak mendapatkan izin terlebih dulu dan merupakan salah satu cara meningkatkan akhlak.

Sebagian ulama lagi mengatakan jika boleh seorang muslim memasuki Gereja dan melakukan salat di dalam Gereja selama tidak ada patung, gambar atau salib.

Pendapat ini berasal dari kalangan mazhab Hambali, namun sebagian dari mereka juga berpendapat jika makruh melakukan salat di dalam Gereja yang ada patung atau gambar.

Dari ketiga pendapat ulama di atas, mereka semua sepakat jika haram masuk ke dalam Gereja apabila dilakukan untuk turut serta dalam perayaan hari raya non muslim baik itu di Gereja atau tempat lainnya.

Ini diambil dari sabda Rasulullah, “Janganlah kalian menemui orang-orang musyrik di gereja-gereja (tempat ibadah) mereka pada hari raya mereka, karena kemurkaan (Allah) turun kepada mereka”.

Hukum Menghadiri

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.