Hati-hati Bila Sendawa Bukan Karena Kenyang, Bisa Kena Penyakit Ini

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati Bila Sendawa Bukan Karena Kenyang, Bisa Kena Penyakit Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya orang akan bersendawa ketika perut sudah kenyang. Namun, pernahkah Anda sering bersendawa bukan karena perut kenyang? Bila iya, patut Anda waspadai karena bisa jadi Anda mengalami gejala sakit mag.

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi, Hendra Nurjadin menjelaskan, yang terus menerus padahal perut belum makan menjadi tanda asam lambung naik.

“Habis makan terus sendawa ya normal. Yang enggak boleh itu kalau perut kosong laper, lalu sendawa. Berarti asam lambungnya naik ke atas,” katanya.

Bila sendawa tersebut dibiarkan selama lima tahun, maka akan timbul penyakit mag jenis Barrett's esophagus. Barrett's esophagus merupakan kondisi saat dinding saluran kerongkongan luka akibat teriritasi oleh asam lambung.

“Kalau sendawanya dibiarkan dan makin parah tidak sembuh-sembuh, terlebih lagi sulit menelan, berhati-hatilah. Mesti diendoskopi, dilihat perutnya ada apa,” ujarnya.

Baca Juga: 4 Masalah Kesehatan yang Ditandai dengan Sendawa

Dalam keadaan perut kosong, lantas sering sendawa artinya gas lambung naik ke bagian atas saluran pencernaan. Adapun gas lambung seharusnya keluar lewat saluran pencernaan bagian bawah, seperti lewat kentut. Dan bila sandawa terus, itu artinya asam lambung naik ke atas.

Pada tahap yang parah dan seseorang sudah terkena Barrett's esophagus, maka berisiko penyakit kanker lambung. Kondisi kerongkongan sudah lecet dan teriritasi oleh pH dari lambung, yang menimbulkan peradangan. Dan akibat peradangan, akan menimbulkan pendarahan yang berujung kanker lambung.

Bila Anda mengalaminya, segeralah periksakan lebih lanjut ke dokter pilihan Anda. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.