Hati-hati, Jangan Baca Alquran di Waktu Terlarang Ini

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Jangan Baca Alquran di Waktu Terlarang Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan suatu ibadah yang sangat baik dan memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Kitab suci dan pedoman hidup bagi orang Islam ini sebenarnya bisa dibaca kapan saja. Akan tetapi, agar bacaan bisa mendapat rahmat dari Allah SWT, ternyata ada waktu atau saat terlarang membacanya.

Hal ini diibaratkan seperti bertamu ke rumah seseorang. Tidak etis dan tidak sopan rasanya jika bertamu di saat dini hari dan lokasinya di toilet. Begitu halnya dengan membaca Alquran, ada waktu yang juga tidak diperbolehkan atau tidak sembarang waktu dalam membacanya.

Lantas, kapan saja waktu tersebut?. Berikut ringkasannya:

Waktu tersebut adalah ketika berada di lokasi permainan, hiburan dan di perkumpulan orang-orang pandir yakni orang-orang bodoh yang sok tahu dan bebal. Imam Al-Qurthubi berkata,

Jangan membaca Alquran di tempat-tempat permainan dan hiburan dan di perkumpulan orang-orang pandir. Tidakkah Anda perhatikan bahwa Allah menyebutkan sifat hamba-hambaNya (Ar rahman) serta memuji mereka seperti dalam firman-Nya:

“… dan apabila mereka bertemu dengan orang-orang yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka berlalu dengan menjaga kehormatan dirinya” (QS al-Furqon : 72)”.

Anda memang sangat dianjurkan untuk membaca Alquran, namun harus memahami waktu terbaik untuk membacanya. Sementara ketika berada di jalan raya atau kendaraan umum, maka membaca Alquran diperbolehkan. Hal ini sesuai dengan riwayat berikut:

Dari Abdullah bin Mughaffal ra, dia berkata bahwa: “Aku melihat Rasulullah Saw pada hari pembebasan kota Mekkah dan saat itu beliau membaca surat Al-Fath di atas tunggangannya” (HR. Bukhari).

Sementara itu, membaca Alquran yang paling baik adalah di dalam salat. Menurut madzhab Asy-Syafi'i dan lainnya, bahwa berdiri lama dalam salat lebih baik daripada sujud yang lama.

Sementara membaca Alquran di luar salat, maka yang paling utama adalah pada waktu malam dan dalam separuh terakhir dari waktu malam lebih baik daripada separuh pertama.

Membacanya di antara Maghrib dan Isya disukai. Sementara pembacaan pada waktu siang, maka yang paling utama adalah setelah salat Subuh. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam. (islamidia.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.