oleh

Hukum Berwudu di Dalam Kamar Mandi

PortalMadura.Com – Islam mengajarkan tata cara atau adab dalam segala hal, salah satunya adab saat berada di dalam kamar mandi dan berwudu.

Sering kali timbul pertanyaan, bolehkah berwudu di kamar mandi?

Dilansir dari laman Muslim.Okezone.com, Senin (8/6/2020) berikut hukum berwudu di kamar mandi.

Jika Anda berada di dalam kamar mandi tidak boleh berbicara, baik berdzikir bahkan bernyanyi. Lalu bagaimana jika berwudu di dalam kamar mandi?

Habib Syauqi mengatakan, jika memungkinkan lebih baik wudu di luar kamar mandi. Namun apabila terpaksa, maka hukum berwudu di dalam kamar mandi hukumnya adalah mubah atau diperbolehkan.

Sebaiknya dalam adab yang diajarkan menurut syariat Islam yaitu baiknya berdoa di luar kamar mandi, setelah berwudu, mandi atau buang hajat.

Berikut ini adalah doa masuk dan keluar kamar mandi, serta doa setelah wudu:

Doa masuk kamar mandi:

“Allaahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaaits.”

Doa keluar kamar mandi:

“Alhamdulillaahil-ladzii Adz-haba ‘Annil-adzaa Wa’aafaanii.”

Doa setelah wudu:

“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadikas shalihin.”

Artinya: “Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat dan jadikanlah saya orang yang suci dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shalih,”.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Muslim.Okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar