oleh

Hukum dan Tata Cara Ganti Puasa Ramadan yang Benar

PortalMadura.Com – Puasa Ramadan merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam yang harus dilaksanakan. Puasa Ramadan di tahun 2020 sudah Anda jalani, namun ada beberapa kondisi yang membuat Anda harus tidak berpuasa seperti kondisi sakit, menstruasi, hamil, perjalanan jauh, atau musafir. Jika Anda mengalami ini, maka Anda wajib mengganti puasa di hari lain. Mengganti puasa ini biasa dikenal dengan puasa Qadha. Puasa ini dalam pelaksanaannya sama seperti puasa Ramadan hanya saja dilaksanakan di luar hari bulan Ramadan.

Bagi And ayang ingin mengganti puasa, maka Anda haruS memperhatikan tata cara mengganti puasa yang benar. Berikut tata cara mengganti puasa dari laman Cekaja.com, Senin (1/5/2020)

Batas Waktu Mengganti Puasa

Batas waktu mengganti buka puasa Ramadan tidak ada ketentuan khusus, terpenting Anda dapat melunasi sebelum bulan Ramadan selanjutnya. Ada beberapa ulama yang berpendapat bila puasa Qadha tidak dapat dilakukan saat memasuki pertengahan bulan Sya’ban.

Hadis Riwayat Abu Dawud yang berbunyi, “Bila hari memasuki pertengahan bulan Sya’ban, maka janganlah kalian berpuasa.”

iklan hari santri

Dengan demikian mengganti bulan puasa sebaiknya diganti secepatnya.

Hukum Mengganti Puasa Ramadan

Hukumnya wajib untuk mengganti puasa Ramadan, sebagaimnan telah disampaikan dalam firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

“Maka barang siapa di antara sakit atau bepergian jauh, hendaklah ia mengganti shaum pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya untuk membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Tata Cara Ganti Puasa Ramadan

Mengganti puasa Ramadan tata caranya sama seperti saat Anda berpuasa dibulan Ramadan, Namun bacaan niatnya berbeda. Pertama baca doa puasa Qada “Nawaitu shouma ghodin ‘an qadaa-in fardho romadhoona lillahi ta’aala” Setelah itu, makan dan minum agar puasa Anda lancar selama sehari.

Jika Anda sudah mengetahui hukum dan tata cara mengganti puasa, maka segeralah mengganti hutang puasa Anda.

Wallahu a’lam “Dan Allah lebih tahu Mengetahui”

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Cekaja.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.