Indonesia Akan Asuransikan Barang Milik Negara

Avatar of PortalMadura.Com
Indonesia Akan Asuransikan Barang Milik Negara
Aliran kendaraan melintas di bawah lokasi pembangunan Light Rail Transit (LRT) di kawasan Halim Perdana Kusuma, Jakarta, 21 Februari 2018. (Eko Siswono Toyudho - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Pemerintah mempertimbangkan untuk mengasuransikan barang-barang milik Negara karena seringnya terjadi bencana.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara pada Kamis mengatakan aset barang-barang milik Negara bernilai triliunan rupiah dan harus terlindungi, sehingga saat bencana melanda akan ada uang dari asuransiuntuk kembali membangun daerah yang terdampak.

“Kita sedang merancang bagaimana formulanya dan ini akan menjadi strategi jangka menengah kita. Setiap tahunnya kita akan lihat anggaran di APBN,” jelas dia. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (4/10/2018).

Suahasil mengatakan terkait premi asuransiyang dibayarkan untuk melindungi aset barang milik Negara masih dalam penghitungan dan kajian siapa yang membayar dan apa dasar dari pembayaran preminya.

“Semua masih kita pikirkan, apakah Pemerintah Pusat atau Daerah yang membayar atau dibagi dua. Bisa juga reasuransi,” tambah Suahasil.

Hal lain yang masih dalam kajian Pemerintah adalah memilih pengelola asuransi, apakah asuransidalam Negeri atau asuransiluar Negeri. Suahasil mengakui kedua opsi tersebut memiliki pro dan kontra tersendiri.

“Kalau asuransidi dalam Negeri, seluruh risiko ada di dalam Negeri. Tapi kalau asuransiluar Negeri, saat terjadi bencana uang preminya dikelola di luar Negeri,” ujar Suahasil.

Pemerintah, menurut dia, masih akan melihat mekanismenya dan nantinya akan diterapkan ke dalam kerangka peraturan (regulatory framework) yang dibuat Pemerintah. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.