Indonesia, AS Perkuat Kerja Sama Pertahanan

Avatar of PortalMadura.Com
Indonesia, AS Perkuat Kerja Sama Pertahanan
Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu bertemu dengan Menteri Pertahanan AS James Mattis di Washington DC, AS. (Dokumentasi KBRI Washington - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Indonesia dan sepakat memperkuat hubungan bilateral, terutama di bidang , seperti yang disampaikan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu melalui pernyataan pada Kamis.

Menteri Ryamizard melakukan kunjungan resmi ke Washington pada 27-29 Agustus dan disambut oleh sejawatnya dari AS, Menteri Pertahanan Jim Mattis.

Kedua Menteri menegaskan kembali hubungan kerja sama pertahanan kedua negara yang telah terjalin sejak lama.

“RI mendukung konsep ‘Free and Open Indo-Pacific' yang digagas oleh AS, dengan mengedepankan pendekatan ekonomi, menjunjung prinsip inklusifitas dan mengedepankan peran ASEAN,” ujar Menteri Ryamizard. dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (31/8/2018).

Isu-isu strategis, khususnya isu pertahanan dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik, juga menjadi pembahasan mereka.

“Menhan AS mendukung kerja sama trilateral Indonesia-Malaysia-Filipina, yang ditujukan bagi peningkatan keamanan di perairan masing-masing negara,” tutur Menteri Ryamizard.

Dalam pertemuan tersebut juga disepakati beberapa kerja sama konkret, antara lain peningkatan kapasitas SDM melalui program pendidikan dan latihan bersama, juga peningkatan kapasitas industri pertahanan, serta modernisasi alutsista dan sistem pertahanan.

Menteri Ryamizard juga menyaksikan penandatanganan MoU kerja sama antara Boeing dengan PT Dirgantara Indonesia untuk mengembangkan teknologi manufaktur, perawatan, dukungan, pelatihan, dan sertifikasi.

Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan industri penerbangannya bagi kebutuhan angkatan bersenjata. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.