oleh

Indonesia Ingin Bunga Bank Hanya 4-6 Persen

PortalMadura.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para pelaku industri jasa keuangan, bahwa sekarang sudah masuk di era persaingan, era kompetisi.

“Karena itu, siap enggak siap kita harus siap,” kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan para pelaku industri jasa keuangan, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Industri keuangan diharapkan juga sama. Kalau negara lain bunga bank hanya 4%, 5%, 6%, menurut Presiden, Indonesia juga harus nantinya seperti itu.

“Siap-siap perbankan, entah jurusnya seperti apa, pasti akan saya cari, pasti akan saya paksa. Entah dengan trigger subsidi, seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dulu bunganya 22%-23%,” ujarnya.

Presiden mempertanyakan sikap perbankan di era dulu, yang memberikan bunga untuk usaha kecil sampai 22%-23%, sementara korporasi juga diberi bunga hanya 11%-12%.

“Apa benar? Apa adil? Gak akan semakin besar, gini ratio akan semakin meningkat. Gini ratio kita kemarin 2014, laporan dari Bank Dunia, 0,41, lampu kuning menuju merah,” tandasnya.

iklan hari santri

Presiden Jokowi mengiginkan semakin banyak korporasi di Indonesia, semakin banyak konglomerat di Indonesia. Tetapi yang kecil-kecil ini, lanjut Presiden, juga perlu diurus agar mereka meningkat, yang mikro menjadi usaha kecil, usaha kecil menjadi usaha menengah.

“Kita minta seperti itu. Mereka juga harus diurus. Oleh sebab itu, tahun ini kita berikan subsidi dari APBN sepuluh koma sekian triliun untuk subsidi agar yang namanya bunga KUR  jatuh pada angka 9% dari 22%,” papar Presiden.

Nanti, kata Presiden, mau tidak mau perbankan juga akan menghadapi persaingan. “Coba silakan, pakai angka 22 lagi. Ya kan? Ini era persaingan. Orang akan menuju ke yang 9 kan,” tutur Presiden Jokowi.

Karena itu, menurut Presiden Jokowi, mau tidak mau ke depan industri keuangan kita, industri jasa keuangan kita harus efisien, mau tidak mau. Entah yang BPR, BPD, bank swasta, entah bank BUMN, kata Presiden, mau tidak mau harus menyiapkan diri menuju era kompetisi ini.(setkab.go.id)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.