oleh

Indonesia Sambut Rencana Pembatasan Kuota Haji 2021

PortalMadura.Com – Indonesia menyambut rencana pemerintah Arab Saudi untuk memberi kuota terbatas bagi penyelenggaraan haji tahun 2021.

“Jika benar bahwa Saudi membuka pemberangkatan haji 1442 H untuk jemaah dari luar negaranya, meski kuotanya terbatas, tentu ini harus kita syukuri,” kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khoirizi, dilansir Anadolu Agency, Senin (24/5/2021).

Sebab, lanjut Khoirizi, jemaah Indonesia sudah menunggu lama, apalagi tahun lalu penyelenggaraan ibadah haji juga tertunda.

“Tapi sampai saat ini kami belum menerima pemberitahuan secara resmi tentang dibukanya pemberangkatan bagi jemaah di luar Saudi,” jelas dia.

Khoirizi memastikan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) terus berkoordinasi dengan perwakilan Indonesia di Arab Saudi untuk mendapatkan perkembangan informasi resmi dari Khadimul Haramain.

Menurut dia, info resmi ini penting sebagai rujukan pemerintah dalam mengambil kebijakan serta persiapan dan mitigasi penyelenggaraan haji tahun ini.

Khoirizi menambahkan, Kemenag juga telah berkoordinasi dengan WHO Indonesia dan Kemenkes untuk membahas masalah vaksin Sinovac yang digunakan jemaah Indonesia.

Dia mengatakan dalam kesempatan yang sama, Kemenag juga berkoordinasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri RI.

“Sesuai arahan Menag Yaqut Cholil Qoumas, kita akan terus melakukan persiapan dan proses mitigasi, hingga ada kepastian dari Saudi,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan otoritas Arab Saudi tahun ini hanya mengizinkan 60 ribu jemaah haji.

Sebanyak 45 ribu berasal dari luar Arab Saudi dan 15 ribu merupakan warga Arab Saudi.

Informasi tersebut didapat dari keterangan resmi penyedia informasi yang terafiliasi dengan Presidensi Dua Masjid Suci yakni Haramain Info.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono

Komentar