Ingin Hajat Terkabul dan Rezeki Lancar? Lakukan 4 Amalan Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Hajat Terkabul dan Rezeki Lancar? Lakukan 4 Amalan Ini
Ilustrasi (popbela)

PortalMadura.Com – Doa dan salat sunah merupakan amal ibadah yang sangat dianjurkan dilakukan sesuai sunah Rasulullah SAW. Lancarnya rezeki, terkabulnya hajat, nikmat sehat dan lain sebagainya menjadi sebagian balasan Allah kepada mereka yang rutin melaksanakan.

Namun yang perlu Anda tahu, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk terkabulnya hajat dan rezeki lancar. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini empat amalan yang bisa dilakukan untuk terkabulnya hajat dan lancar rezeki:

Salat Hajat

Salat hajat merupakan salah satu ibadah sunah yang baik dilakukan apabila seseorang sedang memiliki keinginan atau berada dalam kesempitan.

“Orang sedang mengalami kesempitan, berhajat untuk membuat mashlahat agama dan dunianya, dan merasakan kesulitan karenanya, hendaklah melakukan salat sebagai berikut.” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 103)

Salat hajat tidak memiliki waktu khusus untuk melaksanakannya. Namun ada waktu terlarangnya, yakni setelah subuh hingga muncul matahari atau setelah waktu ashar.

Salat hajat bisa dilakukan dengan 2 rakaat salam. Paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Doa Setelah Salat Hajat

Ada dua doa yang bisa dibaca setelah salat hajat, yakni:

Doa pertama yang artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafaatnya untukku.”

Doa Kedua yang artinya:
“Tidak ada sesembahan yang benar melainkan Allah yang Maha Penyantun dan Mahamulia, Mahasuci Allah Rabb Arsy yang agung, segala puji millik Allah Rabb sekalian alam, aku memohon kepada-Mu hal-hal yang menyebabkan datangnya rahmat-Mu, dan yang menyebabkan ampunan-Mu serta keuntungan dari tiap kebaikan dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau tinggalkan pada diriku dosa kecuali Engkau ampuni, kegundahan melainkan Engkau berikan jalan keluarnya, tidak pula suatu kebutuhan yang Engkau ridhai melainkan Engkau penuhi, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang.”

Salat Duha

Salat duha adalah salah satu ibadah sunah yang dianjurkan dikerjakan setiap pagi. Salat sunah ini memiliki banyak manfaat, salah satunya membuka pintu rezeki.

Duha secara bahasa artinya nama untuk awal siang hari (pagi). Sedangkan salat duha dalam ilmu fikih artinya salat sunah yang dilakukan di waktu duha, yakni mulai matahari terbit seukuran 1 tombak (7 hasta atau 2,5 meter) sampai waktu zawal (saat matahari tergelincir ke arah barat).

Dari Uqbah bin Amir Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
“Sesungguhnya Allah berfirman: ‘Wahai ‎anak adam, laksanakan untuk-Ku 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi ‎dirimu dengan shalat itu di akhir harimu’.” (HR Ahmad, 4: 153. Syekh Syu’aib Al Arnauth berkata sanad hadis ini shahih. Perawinya tsiqah termasuk jajaran perawi kitab shahih kecuali Nu’aim bin Himar termasuk perawi Abu Dawud dan An-Nasa’i)

Banyak Bersedekah

Banyak-banyak bersedekah juga menjadi pembuka pintu rezeki untuk diri sendiri. Allah SWT berfirman dalam kitab suci Alquran yang artinya: “Katakanlah: ‘Sesungguhnya Robb ku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki Nya)’, dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS Saba’: 39)

Dalam hadis Qudsi juga disebutkan, Allah berfirman: “Wahai anak Adam, bersedekahlah, niscaya Aku memberi rezeki kepadamu.” (HR Abu Dawud)

Allahu a’lam bisshawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.