Ingin Meninggal Husnul Khatimah? Seringlah Baca 3 Doa Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Meninggal Husnul Khatimah? Seringlah Baca 3 Doa Ini
Ilustrasi (RCTI+)

PortalMadura.Com – Meninggal adalah hal yang pasti terjadi pada makhluk yang bernyawa, tidak terkecuali manusia. Semua manusia pasti ingin meninggal dalam keadaan baik. Oleh karena itu, perlu mempersiapkan diri, melakukan hal-hal baik dan menjauhi semua yang buruk.

Dalam Islam, meninggal dalam keadaan baik disebut juga . Setiap muslim pasti ingin meninggal dalam keadaan husnul khatimah. Oleh karena itu, bacalah beberapa doa ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Pertama

yang Artinya: Ya Allah, muliakanlah umat Nabi Muhammad dengan keindahan orang-orang yang kembali kepada-Mu di dunia dan akhirat, sebagai penghormatan-Mu kepada orang yang telah Engkau jadikan bagian dari umatnya.”

Doa Kedua

Secara spesifik ditentukan waktu membacanya yakni setiap pertengahan antara salat sunah sebelum subuh, dan salat fardu subuh, yaitu:

“Ya Allah, sayangilah umat baginda kami Muhammad. Ya Allah, tamballah (kekurangan) umat baginda kami Muhammad. Ya Allah, perbaikilah umat baginda kami Muhammad. Ya Allah, sehatkanlah umat baginda kami Muhammad. Ya Allah, peliharalah umat baginda kami Muhammad. Ya Allah, sayangilah umat baginda kami Muhammad dengan rahmat yang menyeluruh. Wahai Tuhan semesta alam. Ya Allah, berilah pengampunan yang menyeluruh, Wahai Tuhan semesta alam. Ya Allah, lapangkanlah umat baginda kami Muhammad dengan kelapangan yang segerah, wahai Tuhan semesta alam.”

Doa Ketiga

Dibaca rutin tanpa waktu yang khusus yakni yang artinya: “Wahai Tuhan segala sesuatu, dengan kekuasaan-Mu atas segala sesuatu, ampunilah seluruh dosaku. Janganlah Engkau menanyakan kepadaku tentang segala sesuatu. Janganlah Engkau menghisabku mengenai segala sesuatu, dan berilah aku segala sesuatu.”

Terlebih lagi ada enam golongan yang dinyatakan mati syahid atau husnul khatimah. Masing-masing adalah:

1. Al Mabthun: Mati karena penyakit.

2. Al Ghariq: Mati karena tenggelam.

3. Al Hariq: Mati karena terbakar.

4. Dzatul Janbi: Mati karena (semacam) penyakit paru-paru.

5. Wanita mati karena sedang nifas.

6. Mati di tempat asing.

Wallahu a'lam bisshawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.