oleh

Ingin Terhindar dari Sifat Sombong? Berikut 4 Cara yang Bisa Diterapkan

PortalMadura.Com – Asal-usul iblis diusir dari surga lantaran iblis tidak mau bersujud serta memberikan penghormatan kepada Nabi Adam, iblis menolaknya. Sebab iblis beranggapan bahwa dirinya memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari pada Nabi Adam. Karena hal itu, Allah pun menegur iblis. Iblis berkilah bahwa dirinya jauh lebih hebat di banding dengan manusia. Dengan sombongnya iblis berkata kepada Allah SWT jika dia diciptakan dari api. Sedangkan manusia diciptakan dari segumpal tanah.

Maka dari itu Allah sangat membenci umatnya yang memiliki sifat sombong, hakikatnya manusia itu tidak ada yang bisa disombongkan karena semuanya hanya titipan yang Allah berikan untuk disyukuri bukan untuk disombongkan. Sangat perlu untuk terus bersyukur atas semua nikmat yang Allah berikan, hal ini tentunya bisa membuat kita menjauhi sifat sombong.

Dilansir dari laman Umroh.Com, Jumat (30/10/2020), berikut 4 cara yang bisa diterapkan agar terhindar dari sifat sombong:

Mengakui Kekurangan

Harus mengakui kekurangan yang terdapat dalam diri Anda. Jika Anda menyadari banyak kelemahan yang Anda miliki, niscaya Anda merasa tidak memiliki apa-apa untuk di sombongkan. Ciri-ciri teman yang baik dan tulus selalu mengingatkan Anda bahwa Anda sedang bersikap sombong terhadap orang lain. Jika Anda tidak mengetahui kekurangan Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan sahabat Anda atau anggota keluarga Anda. Karena dengan pendapat orang terdekat Anda bisa memiliki info yang akurat.

Perbanyak Ibadah

Beribadah adalah salah satu jalan untuk menenangkan hati. mendekatkan diri kepada sang pencipta dapat membuat hati Anda tenang dan tidak gelisah. Meminta bantuan kepada yang memiliki kekuatan diatas kekuatan manusia perlu Anda lakukan. Cara menenangkan hati dan pikiran saat ada masalah adalah dengan beribadah.

Berhenti Memikirkan Kelebihan Diri

Anda boleh bangga dengan kelebihan yang Tuhan anugerahkan kepada diri Anda. Tapi jangan terus menerus memikirkan kelebihan tersebut. Kebiasaan inilah yang kemudian akan memicu munculnya sifat sombong.

Karena itu, sehebat apa pun Anda dalam bidang tersebut biarlah orang lain yang menilai. Bukan diri Anda sendiri yang menilai. Ketika sebuah kelebihan dinilai oleh diri sendiri, yang ada hanyalah rasa sombong yang muncul.

Mulai saat ini berhenti memikirkan kelebihan diri, lebih baik Anda memikirkan bagaimana caranya kelebihan yang dimiliki bisa memberikan manfaat bagi orang banyak. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan sisi positif dari kelebihan tersebut dibanding membanggakannya secara berlebihan di hadapan orang lain.

Sejajarkan Diri Anda Dengan Orang Lain

Anda dan orang lain adalah sama, hidup di dunia dengan tujuan yang sama. Bentuk tubuh Anda sama dengan orang lain, jika Anda menyadari hal itu, tentunya Anda akan merasa bukanlah siapa-siapa. Tidak ada yang patut di sombongkan dari diri Anda.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : Umroh.Com

Komentar