Ini 3 Sunah Rasulullah yang Mudah Dilaksanakan

Avatar of PortalMadura.com
Ini 3 Sunah Rasulullah yang Mudah Dilaksanakan
Ilustrasi (Megaluh.Com )

PortalMadura.Com – Sumber hukum syariat yang paling kuat yaitu Alquran dan hadis Nabi Muhammad SAW. Dua hal itu harus dijadikan acuan umat Islam untuk membawa diri lebih dekat kepada Allah SWT.

Sunah mempunyai banyak manfaat. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari Halalzilla, berikut ini beberapa manfaat setiap sunah.

Saat Anda memakai baju, meminum air, atau melakukan aktivitas lainnya yang harus selalu dilakukan adalah mengucap bismillah. Bismillah jika diterjemahkan adalah “Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Penyayang.”

Ketika mengucapkan bismillah, Anda tahu bahwa apa yang dilakukan adalah kehendak Allah SWT dan pengingat untuk selalu sadar bahwa rezeki berasal dari-Nya.

Berwudu Sebelum Tidur

Jika Anda berwudu sebelum tidur, dan tidur dalam keadaan yang sudah berwudu, niscaya akan terlelap dalam keadaan suci. Anda juga akan diawasi oleh para malaikat. Terlebih jika Anda tertidur saat sedang melakukan ibadah seperti zikir akan menerima pahala yang sangat berlimpah dari Allah SWT.

Dikutip dalam buku ‘Kedahsyatan Manfaat Air Wudhu: Panduan Wajib untuk Setiap Keluarga Muslim', Abdullah bin Umar Radhiyallahu anhu mengatakan bahwa rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun sampai malaikat berdoa: ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'.” (HR Ibnu Hibban)

Selalu Senyum

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu.” (HR Tirmidzi Nomor 1956, sahih)

Mungkin kelihatan mudah, namun tersenyum merupakan sunah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sepanjang waktunya.

Selain menebarkan kegembiraan, senyum juga terbukti meningkatkan hormon serotinin dan antidepresan secara alami. Dengan tersenyum, Anda akan memberikan energi positif dan rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.