oleh

Ini 4 Cara Jitu Hemat Bahan Bakar Motor Kendaraan Anda

PortalMadura.Com – Berkendara dengan menggunakan sepeda motor memang sudah menjadi kebiasaan lumrah dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Kendaraan motor merupakan alat transportasi yang cukup digemari.

Sebagai seorang pengendara sepeda motor, bahan bakar merupakan kebutuhan yang cukup rutin untuk dibutuhkan. Maka dari itu sebaiknya Anda jangan berkendara secara asal-asalan, karena hal itu akan mengakibatkan bahan bakar motor Anda akan cepat habis.

Berikut beberapa cara berkendara untuk menghemat bahan bakar motor Anda, dilansir PortalMadura.com, Sabtu (4/4/2020), dari laman Okezone.com. Berikut ulasannya:

Panaskan Mesin 3-5 Menit Saja

Ingat jangan terlalu lama memanaskan mesin motor Anda, usahakan cukup 3-5 menit saja. Karena, waktu tersebut sudah bisa dibilang cukup untuk membuat oli bersirkulasi ke semua bagian mesin motor.

Jangan ‘Main Gas’

Jika Anda terbiasa main gas saat berkendara, maka kurangilah karena hal itu akan membuat bahan bakar motor Anda cepat habis. Untuk menghemat bahan bakar, cobalah Anda lakukan stop and go buka tutup gas dengan halus.

Baca Juga: 9 Cara Jitu Bikin Mobil Hemat Bahan Bakar

Jangan Biarkan Ban Kempis

Tekanan ban kempis membuat bahan bakar cepat habis, oleh karena itu jangan biarkan hal itu terjadi. Pasalnya tekanan angin yang kurang juga dapat menyedot bahan bakar yang lebih banyak dari seharusnya.

Perlu Anda ketahui saat kempes, tapak ban yang menempel di tanah jadi lebih banyak sehingga akan mengakibatkan menimbulkan tahanan lebih besar pula di gerakan dan otomatis, daya atau tenaga yang dibutuhkan juga menjadi lebih besar.

Matikan Mesin Motor saat Berhenti

Bagi motor yang masih belum menggunakan teknologi Idling Stop System (ISS), sebaiknya matikan mesin motor ketika berhenti sebentar di lampu merah atau mengantri di pom bensin. Tujuannya, tentu agar membuat bahan bakar Anda tidak terbuang dengan percuma.

Rewriter : Azizah
Sumber : Okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar