Ini 5 Adab Masuk Ke Pasar Atau Mall Menurut Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Adab Masuk Ke Pasar Atau Mall Menurut Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini tradisional maupun pasar modern atau selalu ramai dikunjungi. Karena tempat tersebut merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli secara langsung.

Namun selain banyak manfaatnya, ternyata pasar atau mall menjadi tempat yang memungkinkan terjadinya perbuatan dosa, kezaliman dan kecurangan. Oleh karena itu, lakukan beberapa hal berikut ini jika Anda akan pergi ke pasar. Penasaran?.

Berikut penjelasannya:

Berdzikir
Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda: “Barangsiapa masuk pasar lalu ia mengucapkan: “Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu,” niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta keburukan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat.” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Hakim).

Tidak dipungkiri bahwa pasar merupakan pusatnya semua kebutuhan dunia yang menggiurkan, dan bisa melalaikan dari dzikir dan niat baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang lalai dan lengah dari dzikir serta ucapan atau perbuatan baik dan adanya banyak kedustaan di dalamnya. Dengan berdzikir, Anda akan dijauhkan dari kelalaian dan dosa-dosa tersebut.

Tidak Berlama-lama
Alangkah lebih baik untuk tidak berlama-lama di dalam pasar. Sebab di dalamnya terdapat maksiat, kecurangan, penipuan, perbuatan sia-sia, dan amalan kebaikan yang sangat sedikit. Terdapat pula wanita atau laki-laki yang memamerkan dirinya dengan berbagai jenis pakaian dan perhiasan.

Oleh karena itu, Rasulullah bersabda: ”Jika Anda mampu, janganlah menjadi orang yang pertama kali masuk pasar, dan jangan pula jangan menjadi yang terakhir keluar darinya, sebab pasar adalah tempat perangnya syaithan, disanalah ia menancapkan benderanya.” (HR Muslim : 2451).

Menjaga Akad
Ingatlah untuk selalu menjaga atau memenuhi akad dan janji serta kesepakatan di antara dua belah pihak, antara pembeli dan penjual. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah akad-akad itu.” (Al-Ma'idah : 1).

Masuk Karena Kebutuhan
Hendaknya tidak memasuki pasar atau mall kecuali adanya suatu kebutuhan. Hal ini dilakukan agar bisa menghindari dan menjauhkan diri dari berbagai macam dosa dan kezaliman. Rasulullah bersabda: “Merupakan kebaikan islam seseorang adalah meninggalkah sesuatu yang tidak bermanfaat baginya.” (HR Tirmidzi : 2318 , Ibnu Majah : 3976, dan Ahmad : 1732).

Ramah
Bersikaplah ramah dan memberikan kemudahan di dalam proses jual beli. Rasulullah bersabda: “Allah akan belas kasih kepada seorang hamba yang ramah apabila menjual, ramah apabila membeli dan ramah apabila memberikan keputusan.” (HR. Al-Bukhari).

Itulah 5 adab ketika memasuki pasar atau mall. Semoga setelah mengetahui adab ini, Anda dapat mengamalkan dengan baik sehingga bisa menjadi amalan ibadah sunnah. Semoga Anda termasuk golongan orang-orang yang dijauhkan dari keburukan pasar. Aamiin. (ummi-online.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.