oleh

Ini Cara Jitu Maksimalkan RAM Smartphone Supaya Tak Lambat

PortalMadura.Com – Random Access Memory (RAM) merupakan tempat mencadangkat data Anda pada ponsel yang dimilikinya. Kapasitas kinerja ponsel yang penuh akan membuat kinerja ponsel menjadi lambat.

Kebanyakan penyimpanan RAM biasanya memiliki kapasitas yang terbatas yakni 4GB hingga 12GB (pada banyak ponsel terbaru). Jadi semakin banyak RAM Anda yang tersisa, maka akan semakin banyak yang bisa Anda lakukan pada terhadap ponsel Anda.

Misalnya, Anda bisa lakukan membuka lebih banyak tab browser, lebih banyak aplikasi yang berjalan, atau lebih banyak fitur sistem melakukan tugasnya. Begitupun sebaliknya, ketika banyak aplikasi yang Anda unduh dan kapasitas RAM menjadi penuh, maka ponsel akan menjadi lebih lambat.

Ada beberapa cara untuk memaksimalkan RAM pada ponsel Android, dilansir dari laman Okezone.com, Rabu (15/4/2020), berikut ulasannya:

iklan hari santri

Batasi widger dan wallpaper live, keduanya cukup menyita penggunaan RAM. Widget dan walpaper live juga dapat menyebabkan baterai Anda terkuras lebih cepat.

Baca Juga: Berhenti Ketergantungan dari Instagram, Ini 3 Caranya

Setelah itu, hapus instalan aplikasi secara manual, Anda bisa melakukan di Pengaturan> Aplikasi, lalu ketuk aplikasi. Di bawah judul Memori, Anda dapat melihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir.

Jadi Anda bisa dapat berhenti paksa aplikasi untuk membebaskan RAM dalam jangka waktu pendek, atau cukup uninstall jika Anda merasa itu tidak layak digunakan nanti.

Rewriter : Azizah
Sumber : Okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.