Ini Khasiat Wudu Menurut Hadis dan Penelitian

Avatar of PortalMadura.com
Ini Khasiat Wudu Menurut Hadis dan Penelitian
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebelum melaksanakan salat, baik itu wajib maupun sunah umat Islam dianjurkan untuk mengambil wudu terlebih dahulu. Selain untuk menghilangkan kotoran, aktivitas ini juga memiliki banyak keutamaan.

Sebagaimana dalam sebuah hadis: ”Sungguh umat-Ku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudunya” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain memiliki banyak keutamaan, wudu ternyata juga sangat bermanfaat terhadap kesehatan. Dr Ahmad Syauqy Ibrahim, peneliti bidang penderita penyakit dalam dan penyakit jantung di London mengatakan, ”Para Pakar sampai pada kesimpulan mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan pada syaraf dan otot, menormalkan detak jantung, kecemasan, dan insomnia (susah tidur)”.

Dalam buku Al-I’jaaz Al-Ilmiy fii Al-Islam wa Al-Sunah Al-Nabawiyah dijelaskan, ilmu kontemporer menetapkan setelah melalui eksperimen panjang, ternyata orang yang selalu berwudu mayoritas hidung mereka lebih bersih, tidak terdapat berbagai mikroba.

Baca Juga: Pagi Ini KN SAR 225 Widura dan Tim Rescuer Cari Nelayan Hilang di Sumenep

Rongga hidung bisa mengantarkan berbagai penyakit. Dari hidung, kuman masuk ke tenggorokan dan terjadilah berbagai radang dan penyakit. Apalagi jika sampai masuk ke dalam aliran darah. Barangkali inilah hikmah dianjurkannya istinsyaaq (memasukkan air ke dalam hidung) sebanyak tiga kali kemudian menyemburkannya setiap kali wudu.

Perlu umat Islam ketahui, bahwa berkumur-kumur dimaksudkan untuk menjaga kebersihan mulut dan kerongkongan dari peradangan dan pembusukan pada gusi. Berkumur menjaga gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel. Sementara membasuh wajah dan kedua tangan sampai siku, serta kedua kaki memberi manfaat menghilangkan debu-debu dan berbagai bakteri.

Apalagi dengan membersihkan badan dari keringat dan kotoran lainnya yang keluar melalui kulit. Dan juga, sudah terbukti secara ilmiah penyakit tidak akan menyerang kulit manusia kecuali apabila kadar kebersihan kulitnya rendah.

Jika dilihat dari segi rohani, wudu menggugurkan ‘daki-daki’ yang menutupi pahala. Bersama air wudu, dosa-dosa umat Islam dibersihkan. Sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah r.a, Rasulullah bersabda: ”Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudu, tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan terakhirnya”.

“Ketika dia membasuh dua tangannya maka akan keluar seluruh dosa yang dilakukan tangannya bersamaan dengan air itu atau tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh dua kakinya maka keluarlah seluruh dosa yang telah dilangkahkan oleh kakinya bersama air atau tetesannya yang terakhir sehingga dia selesai wudu dalam keadaan bersih dari dosa-dosa” (HR Muslim).

Maka dari itu, berbahagialah orang-orang yang selalu menjaga wudunya dan menjaga hatinya tetap suci. Wallahu A’lam. (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.