Ini Manfaat Membaca Surah Maryam bagi Ibu Hamil dalam Islam

Avatar of PortalMadura.com
Ini Manfaat Membaca Surah Maryam bagi Ibu Hamil dalam Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – (Manfaat Membaca bagi Ibu Hamil) Allah SWT menurunkan Alquran kepada Rasulullah Muhammad SAW sebagai mukjizat. Kemudian, Rasulullah mengajarkan Alquran sebagai pedoman hidup bagi seluruh umatnya.

Dilansir dari PortalMadura.Com dikutip islampos.com, membaca Alquran adalah bernilai ibadah dan ketenangan yang didapat. Begitu pun dengan ibu hamil, kondisi yang kadang kurang stabil dan melelahkan namun tetap dianjurkan untuk menyempatkan waktu untuk membaca Alquran. Salah satunya membaca Surah Maryam bagi ibu hamil.

Surah Maryam adalah salah satu surah yang dikenal untuk bacaan ibu-ibu hamil. Surah Maryam terdiri atas 98 ayat yang hampir keseluruhan diturunkan di Mekkah. Penamaan surat ini dengan surah Maryam karena tersurat kisah Maryam (ibu Nabi Isa) yang bisa melahirkan putranya tanpa pernah dicampuri oleh seorang laki-laki.

Ibu hamil memiliki kondisi psikologis yang lebih labil karena ketidakseimbangan hormon yang dialaminya. Oleh karena itu, poin penting pertama dalam membaca Surah Maryam bagi ibu hamil adalah supaya kondisi emosionalnya lebih stabil. Selain membaca suratnya, lebih baik jika artinya pun dibaca.

Baca Juga: Doa Ketika Perempuan Sedang Hamil Menurut Agama Islam

Dengan memahami kisah tentang Maryam yang harus menghadapi kehamilan seorang diri dengan izin Allah SWT, maka akan terbangun rasa percaya diri saat harus menghadapi momen kehamilan yang tidak selalu berjalan lancar. Dengan melakukan usaha ini diharap Allah SWT akan memberikan ketenangan hati dan ibu hamil bisa lebih tenang.

Pada beberapa ibu hamil mungkin ditemukan halangan seperti kurang nafsu makan, sakit, pendarahan, atau hal–hal lain yang sifatnya memberatkan. Berbaik sangka kepada Allah SWT adalah hal penting yang perlu dimiliki oleh ibu hamil.

Manfaat Membaca Surah Maryam bagi Ibu Hamil

Karena jika tidak, ia akan dihantui oleh rasa takut yang mencekam saat persalinan. Dalam kisah Surah Maryam diceritakan bahwa sebelum pertolongan Allah, Maryam sempat putus asa sebab rasa sakit selama persalinan.

Allah SWT berfirman, “Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, Dia berkata: “Aduhai, Alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan. Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, Sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.” (QS. Maryam: 23-25)

Selain ketenangan, manfaat membaca Surah Maryam untuk ibu hamil adalah bisa diijabah doa-doanya pada saat melahirkan dengan lebih mudah. Tentunya, sebagai seorang hamba setiap umat Islam harus senantiasa berdoa agar selamat di dunia dan akhirat.

Manfaat Membaca Surah Maryam bagi Ibu Hamil

Salah satu keselamatan di dunia adalah bisa melahirkan dengan lancar dan sehat. Jadi, dengan membacanya seorang hamba akan lebih dekat dengan Tuhannya. Allah SWT pun tentu lebih rida dengan hambanya yang berdoa dibandingkan yang tidak berdoa.

Proses kedekatan spiritual inilah yang memberikan sugesti bagi ibu hamil untuk bisa melahirkan dengan mudah dan upaya untuk menjemput rida Allah SWT supaya bisa memudahkan kelahiran dan mengurangi rasa sakit. Salah satu doa yang termaktub dalam Surah Maryam adalah doa bagi ibu hamil untuk anaknya agar kelak menjadi anak yang berbakti.

Itulah Manfaat Membaca Surah Maryam bagi Ibu Hamil, semoga kehamilan anda tejaga dengan baik, serta lahir dengan tidak kurang sesuatu apapaun.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.