Inilah 10 Kriteria Rumah Ideal Berdasarkan Petunjuk Rasulullah

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 10 Kriteria Rumah Ideal Berdasarkan Petunjuk Rasulullah
ilustrasi

PortalMadura.Com sebagai tempat berlindung bagi manusia merupakan nikmat besar dari Allah yang seharusnya direnungkan dan disyukuri keberadaanya. Rumah dapat memberikan ketenangan dan ketenteraman penghuninya.

Namun tidak semua rumah bisa begitu, ada pula rumah yang memberikan kepenatan. Mengapa hal itu bisa terjadi?, Sebab orang-orang di dalamnya, tidak mampu membangun rumah dengan pondasi keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki rumah yang , maka ikutilah apa yang diajarkan oleh . Beliau merupakan suri tauladan terbaik umat Islam. Jika Anda mengikutinya, hidup akan terasa lebih berkah.

Lantas, bagaimana cara menjadikan rumah yang sesuai dengan dari Rasulullah?. Bagaimana menjadikannya menuju surga?.

Berikut sepuluh kriteria rumah ideal berdasarkan petunjuk Rasulullah:

Belilah atau Sewa Rumah yang Dekat dengan Masjid
Ketika Anda membeli rumah atau menyewa rumah di dekat masjid, tentu hal itu bisa menyemangati diri Anda untuk hadir pada saat salat berjamaah.

Dianjurkan Berkenalan dengan Tetangga Sebelum Tinggal di Rumah
Luangkan waktu untuk berkeliling dan memperkenalkan diri bersama keluarga. Kenali nama mereka, memiliki berapa anak, atau hobi mereka. Cobalah untuk menanyakan pertanyaan yang bersifat umum, jangan terlalu personal atau kontroversial.

Jika mereka mempersilakan Anda masuk ke rumah, sampaikan apresiasi Anda tentang suasana rumahnya yang bersifat positif. Hal ini berpengaruh terhadap kehidupan Anda, karena tetangga yang jelek bisa mengacau kehidupan diri Anda.

Buat Ruang Khusus di dalam Rumah untuk Salat
Ruang salat di dalam rumah menjadi bagian yang sangat penting, di samping sebagai tempat ibadah anggota keluarga juga dapat untuk salat berjamaah dan berkumpul setidaknya sekali dalam sehari.

Jangan Penuhi Rumah Anda dengan Perkakas yang Tidak Diutuhkan
Hal ini, karena Rasulullah mengingatkan tentang rumah yang melebihi kebutuhan dari kasur dan pakaian. Beliau bersabda: “Kasur untuk anakmu yang laki-laki, satu kasur untuk anak perempuan. Satu kasur untuk kamu dan kasur yang keempat untuk setan,” (HR. Muslim).

Berilah Kasur Tersendiri untuk Anak-anak Anda
Anda dianjurkan untuk tidak tidur satu kasur bersama mereka. Rasulullah bersabda: “Perintahkan anakmu salat pada usia tujuh tahun dan pukullah jika meninggalkannya pada usia sepuluh tahun dan pisahkan tempat tidurnya,” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Jangan Ganti Perkakas Rumah Kecuali Sudah Waktunya Diganti
Sebagian orang suka mengganti perkakas rumah setiap setahun atau kurang. Hal ini merupakan perbuatan berlebihan. Jika Anda bosan dengan perkakas rumah, ubah saja tempatnya sehingga membuat pemandangan yang baru.

Jangan Tempatkan Televisi di Rumah Lebih dari Satu
Jangan letakkan komputer atau televisi untuk anak Anda di kamar mereka, karena akan menjadikan anak kecanduan bermain game dan lupa ibadah.

Letakkan Jam di ruang Terbuka
Hal ini tentu sangat bermanfaat, sehingga bisa dilihat oleh semua orang.

Buat Tempat Khusus untuk Perpustakaan
Walaupun kecil, sediakan ruangan khusus untuk buku-buku saku. Sehingga, hal ini dapat menciptakan anak Anda suka membaca.

Jadikan Rumah Anda Nyaman Penuh dengan Kasih Sayang
Ciptakan penuh kehangatan untuk istri Anda, anak-anak Anda, dan selalu berdoalah semoga Allah menyertai kebahagiaan selalu dalam keluarga Anda. (pintarin.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.