Wisata  

Inilah 6 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Liburan

Saat Liburan kita ingin tenang menikmati liburan, untuk itu kita ahruss menyiapkan perlengkapan yang tepat.

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Muhammad ZakariyaEditor: Firman G. A.
Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Liburan
Sumber: Pexels.com - @timur-weber
    Bagikan:

PortalMadura.com- Saat ini kita sudah kembali diperbolehkan untuk mengunjungi daerah lain bahkan negara lain sekalipun untuk tujuan wisata. Sebelum ini memang masa pandemi Covid-19 memaksa kita untuk berdiam di rumah saja dan membuat banyak orang merasa stres.

Namun, walau sudah diperbolehkan bukan berarti keadaan sudah sepenuhnya aman. Kita tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku saat bepergian, seperti lindungi diri dengan masker di ruangan tertutup, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan.

Selain itu, agar liburan terasa lebih nyaman dan menyenangkan kamu juga harus mempersiapkan liburan dengan sebaik mungkin. Dimulai dari mempersiapkan barang yang akan dibawa. Agar tidak bingung, berikut kami berikan 6 daftar barang yang harus dibawa saat liburan.

  1. Dokumen Identitas Diri

Barang pertama yang wajib kamu bawa di saat liburan adalah dokumen identitas pengenal diri. Dokumen yang kamu bawa juga bergantung pada destinasi. Misalnya, jika bepergian di dalam negeri kamu cukup membawa KTP dan SIM, jika diperlukan untuk menyewa kendaraan. Sedangkan, liburan ke luar negeri mengharuskan kamu membawa paspor dan visa kunjungan.

Identitas diri yang dibawa nantinya juga akan membantu proses verifikasi pemesanan yang menggunakan nama kamu. Contohnya seperti petugas yang akan mencocokkan tiket pesawat dengan KTP pemesan. Simpanlah identitas diri di tempat yang mudah dijangkau agar memudahkan kamu mengeluarkannya saat diperlukan.

  1. Tas Travelling

Pada umumnya tas travelling yang dibutuhkan akan dipengaruhi oleh destinasi dan durasi liburan. Jika kamu memilih mengunjungi perkotaan dengan durasi yang cukup lama, membawa koper dengan ukuran sedang bisa menjadi pilihan.

Berbeda apabila kamu memilih liburan untuk berpetualang dan menikmati keindahan alam. Justru tas yang dibutuhkan adalah tas gunung sehingga kamu dapat bergerak tanpa repot menarik sebuah koper. Tali tas sandang atau gunung juga dapat kamu sesuaikan agar lebih nyaman selama di perjalanan.

Jika kamu belum mempunyai tas dan berniat untuk membelinya disarankan untuk memperhatikan harga dan kualitas. Cek kualitas tas tersebut apakah sebanding dengan harga yang ditawarkan. Kemudian, tidak ada salahnya jika memilih tas dengan warna cerah sehingga mudah untuk dikenali.

  1. Pakaian

Selanjutnya yang harus kamu bawa adalah pakaian dengan jumlah secukupnya. Sesuaikanlah pakaian yang dibawa dengan tempat yang akan dituju agar kamu merasa nyaman dan tetap tampil keren. Misalnya, membawa baju lengan pendek, celana pendek, dan sandal ketika ingin mengunjungi pantai.

Sering kali mengemas pakaian dirasa merepotkan, bahkan beberapa barang yang diinginkan tidak dapat kita bawa. Kamu bisa memulai dengan membuat daftar barang bawaan agar kegiatan mengemas jadi lebih mudah. Kemudian bawalah pakaian yang benar-benar diperlukan selama liburan.

Menggulung pakaian juga bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan pada koper. Trik ini biasanya juga akan meringankan beban serta membuat pakaian kamu terlihat lebih rapi.

  1. Perlengkapan Mandi

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Hal ini dikarenakan perlengkapan mandi cenderung bersifat pribadi dan sebaiknya tidak digunakan oleh orang lain.

Sediakanlah sebuah tas khusus untuk menyimpan semua perlengkapan yang tahan air sehingga tidak membasahi barang bawaan lainnya. Selain itu, tas penyimpanan dengan banyak kompartemen akan memudahkan kamu dalam memilah perlengkapan tersebut sesuai dengan fungsinya. 

Ada baiknya juga agar menghemat tempat, kamu dapat menggunakan botol ukuran perjalanan untuk menyimpan cairan seperti sabun dan sampo. Kemudian beri label di setiap botol agar memudahkan ketika hendak menggunakannya.

  1. Obat-obatan

Membawa obat-obatan juga termasuk ke dalam daftar barang yang harus kamu bawa saat liburan. Hal ini bertujuan untuk mengatasi apabila kamu tiba-tiba merasa sakit. Tidak jarang seseorang merasa tidak enak badan sesampainya di tujuan akibat penyesuaian terhadap cuaca.

Disarankan untuk membawa obat-obatan yang dapat membantu pertolongan pertama saat terserang sakit. Misalnya membawa balsem, parasetamol, obat diare, plester luka, dan perlengkapan P3K. Jika merasa bingung kamu dapat membeli satu paket P3K khusus perjalanan di toko obat terdekat.

Obat-obatan yang mendapatkan resep dari dokter sebaiknya kamu simpan di tas yang akan digunakan sehari-hari. Sementara kotak P3K dapat kamu simpan di dalam koper yang memuat barang lainnya. Jangan lupa juga untuk membawa persediaan masker dan semprotan disinfektan yang bisa digunakan saat liburan menggunakan transportasi umum.

  1. Alat Elektronik

Zaman sekarang sepertinya alat elektronik tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan manusia, terlebih ponsel. Bawalah ponsel sebagai alat kamu berkomunikasi dengan orang-orang terdekatmu. Selain itu dengan fitur yang canggih, ponsel kini juga dapat dijadikan alat dokumentasi saat kamu liburan.

Selain itu, kamu juga dapat membawa alat dokumentasi lainnya. Misalnya saja kamera digital, kamera aksi, dan drone untuk menangkap gambar atau video melalui udara. Akan tetapi, perlu diingat tidak semua kawasan wisata kamu dapat menerbangkan drone. Beberapa tempat justru menerapkan larangan drone karena terdapat objek vital yang dijaga aparat.

Terakhir yang perlu kamu bawa adalah stop kontak tempat tujuan. Biasanya hal ini dilakukan apabila kamu bepergian ke luar negeri yang memiliki tipe stop kontak yang berbeda dengan Indonesia. Sebagai contoh, Malaysia yang menggunakan stop kontak berkaki tiga. Risetlah terlebih dulu sebelum berkunjung ke negara lain, ya. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.