Inilah 7 Cara Hadapi Pasangan yang Selingkuh Menurut Islam

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 7 Cara Hadapi Pasangan yang Selingkuh Menurut Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kehidupan pernikahan pasti banyak masalah yang akan datang menghadang. Mulai dari masalah keuangan, anak-anak, pekerjaan hingga peselingkuhan yang dilakukan suami maupun istri.

Masalah perselingkuhan bisa mengancam perkawinan, namun pasangan suami istri dituntut untuk tidak gegabah di dalam mengambil keputusan. Hal ini memang sulit untuk bersikap tenang, tetapi perlu bersikap dengan bijak.

Lalu bagaimana cara menghadapi pasangan yang sudah terlanjur berselingkuh?.

Berikut tujuh cara menghadapi pasangan yang selingkuh menurut Islam:

Benahi Terlebih Dahulu Kondisi Mental Anda
Anda jangan terlalu terbawa emosi, sebab marah bukanlah solusi yang tepat dan malah akan menciptakan masalah baru. Sebaiknya tenangkan diri Anda dengan menjalankan salat tahajud, dan berdzikir agar hati menjadi lebih tenang sembari menentukan langkah selanjutnya yang akan Anda ambil.

Introspeksi Diri
Anda perlu introspeksi diri terlebih dahulu, sebab mungkin ada kekurangan pada diri Anda yang perlu Anda tingkatkan sebelum Anda meminta penjelasan kepada pasangan mengenai perselingkuhan yang ia lakukan.

Diskusikan
Ajaklah pasangan bicara dan tanyakan hal-hal apa yang ia tidak sukai. Sehingga, hal ini bisa juga Anda jadikan bahan untuk koreksi diri, lalu secara bertahap tanya mengenai alasan ia berselingkuh.

Nasehati lalu Berikan Perhatian
Setelah pasangan mengaku, Anda dapat mulai mencoba untuk menasehati dan memberikan perhatian lebih kepada pasangan.

Cari Tahu Selingkuhan Pasangan
Selanjutnya, akan lebih baik bila Anda juga mencari tahu mengenai selingkuhan dari pasangan Anda itu. Tegaskan padanya, jangan mencoba lagi untuk mengganggu rumah tangga Anda dan pasangan.

Bersikap Tegas
Jika pasangan Anda masih tetap berselingkuh, sebaiknya tanyakan dengan tegas pada pasangan, apakah pernikahan ini masih mau dilanjutkan atau tidak, beri ia waktu untuk memutuskan.

Silahkan Gugat Cerai
Jika dalam waktu yang ditentukan belum ada kepastian secara jelas, dan ia tetap berselingkuh, langkah terakhir adalah dengan menggugat cerai, sebab perselingkuhan tersebut sepertinya sudah tidak dapat ditoleran lagi. (hijabnesia.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.