Mau Rumah Bersih Habis Lebaran? Ini Solusinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Rumah Bersih Habis Lebaran? Ini Solusinya!

PortalMadura.Com – Usai perayaan hari raya Idul Fitri, pasti ada satu hal besar yang masih tersisa, yaitu membersihkan rumah. Menjelang akhir pekan, kalau memang jumlah tamu sudah berkurang, ada baiknya Anda mulai beres-beres. Ini dia tips rumah untuk Anda.

Memoles Meja Makan
Selama libur ini, pastilah meja makan menjadi pusat perhatian. Di atasnya, pasti berulangkali terhidang sajian makanan khas Lebaran yang menggugah selera. Tapi kini, sebelum menuntaskan masa liburan, ada baiknya Anda memperhatikan kondisi meja makan. Saatnya membersihkan permukaannya agar kembali cerah, dan terhindar dari noda-noda selama liburan. Apalagi kalau meja makan Anda terbuat dari kayu, perawatan dan pembersihannya harus lebih intensif. Pastikan tidak tersisa bekas-bekas sidik jari di atas permukaannya.

Memoles Perlengkapan Stainless Steel
Ini bukan berarti perlengkapan makan dan masak saja, lo. Jangan lupa peralatan dapur lainnya yang terbuat dari stainless steel seperti mungkin kulkas, bak pencuci piring, panci, atau oven. Tak hanya untuk peralatan dapur, gunakan perlengkapan pembersih stainless steel untuk membersihkan area rumah lainnya yang memiliki material serupa seperti di kamar mandi.

Memoles Bahan Kaca
Selama masa liburan ini, tentu saja perangkat makan dan minum dari kaca paling banyak digunakan. Dan kini waktunya untuk membersihkan semuanya dengan telaten dan teliti. Gunakan bahan yang halus untuk memoles peralatan makan dari kaca, agar tidak pecah dengan mudahnya. Lebih mudah lagi untuk mengeringkan mereka dengan posisi terbalik agar seluruh kotoran yang tersisa bisa jatuh ke bawah.

Menganginkan Perlengkapan Masak
Sebelum Lebaran, pastilah Anda sering menggunakan panci, ketel, wajan, pengukus, loyang, atau barang-barang perlengkapan dapur lainnya. Kini jelang liburan usai, ada baiknya mengeluarkan semuanya, mengangin-anginkan peralatan tersebut setelah digunakan berulangkali. Bersihkan satu per satu dengan lembut. Untuk peralatan dengan noda membandel, Anda bisa mencoba menggosokkan potongan jeruk nipis atau lemon. Kalau wajan mulai berkarat, gunakan baking soda dengan air hangat untuk menggosoknya.

Jangan Lupa Kamar Mandi
Kamar mandi menjadi salah satu ruangan terpenting di setiap rumah. Dan saat ini adalah saat yang tepat untuk membersihkan kamar mandi sebelum pekan depan seluruh anggota keluarga mulai beraktivitas. Hilangkan noda-noda membandel di lantai dan dinding kamar mandi. Kalau Anda memiliki bath tub, jangan lupa memolesnya, dan juga membersihkan shower curtain. Toliet juga menjadi bagian terpenting. Jangan lupa kenakan sarung tangan jika Anda menggunakan cairan kimia dengan kandungan keras untuk membersihkan kamar mandi dan toilet.

Selamat berbenah! (tabloidnova.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.