Inilah 8 Amalan Untuk Orangtua yang Telah Meninggal

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 8 Amalan Untuk Orangtua yang Telah Meninggal
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa membalas jasa orang tua yang selama ini telah membesarkan kita dari kecil hingga menjadi sukses. Semasi mereka hidup kita masih bisa berbakti semaksimal mungkin dengan orang tua kita. Namun, bagaimana yang dengan mereka yang telah meninggal, bisakah kita tetap berbakti dengan mereka ? Berikut penjelasannya.

Sebenarnya ada banyak cara bagi si anak untuk tetap bisa berbakti kepada orang tuanya. Mereka tetap bisa memberikan kebaikan bagi orang tuanya yang telah meninggal, berupa aliran pahala. Dengan syarat, selama mereka memiliki ikatan iman.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan kepada salah seorang sahabat untuk melakukan beberapa amal, agar mereka tetap bisa berbakti kepada orang tuanya.

Dari Malik bin Rabi'ah As-Sa'idi radhiyallahu anhu, beliau menceritakan, ‘Ketika kami sedang duduk bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seseorang dari Bani Salamah. Orang ini bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah masih ada cara bagiku untuk berbakti kepada orang tuaku setelah mereka meninggal?' Jawab Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

Ya, mensalatkan mereka, memohonkan ampunan untuk mereka, memenuhi janji mereka setelah mereka meninggal, memuliakan rekan mereka, dan menyambung silaturahmi yang terjalin karena sebab keberadaan mereka.” (HR. Ahmad 16059, Abu Daud 5142, Ibn Majah 3664, dishahihkan oleh al-Hakim 7260 dan disetujui adz-Dzahabi).

Perlu Anda ketahui doa seseorang yang hidup kepada seseorang yang telah meninggal, Allah jadikan sebagai doa yang mustajab. Doa anak soleh kepada orang tuanya yang beriman, yang telah meninggal, Allah jadikan sebagai paket pahala yang tetap mengalir.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim 1631, Nasai 3651, dan yang lainnya).

Bahkan ikatan iman ini tetap Allah abadikan hingga hari kiamat. Karena ikatan iman ini, Allah kumpulkan kembali mereka bersama keluarganya di hari kiamat.

Orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka.” (QS. At-Thur: 21).

Berikut adalah yang bisa Anda lakukan untuk orangtua yang telah meninggal

1. Berdoa Untuk Kedua Orang Tua.

2. Menshalatkan Jenazah Orang Tua.

3. Mendoakan Orang Tua Dengan Doa Rahmat.

4. Melunasi Hutang Orang Tua.

5. Menunaikan Qadha Hutang Puasa.

6. Menunaikan Qadha Nazar Orang Tua.

7. Menjaga Silaturahmi.

8. Sedekah Atas Nama Orang Tua

Namun diantara doa yang Allah perintahkan dalam Alquran juga terdapat doa memohonkan ampunan untuk kedua orang tua kita,

“Berdoalah, Ya Allah, berilah rahmat kepada mereka (kedua orang tua), sebagaimana mereka merawatku ketika kecil.” (QS. Al-Isra: 24)

Salah satu bentuk berbakti kepada orang tua yang tingkatannya sangat tinggi adalah menjaga hubungan silaturahmi dengan semua keluarga yang masih kerabat dengan orang tua kita dan orang-orang yang menjadi teman dekat orang tua.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Bentuk kebaktian kepada orang tua yang paling tinggi, menyambung hubungan dengan orang yang dicintai bapaknya, setelah ayahnya meninggal.” (HR. Muslim no. 2552)

Anda yang beriman, orang tua beriman, anak cucu beriman, berbahagialah, karena insya Allah akan Allah kumpulkan kembali di surga. Demikian mengenai amalan yang bisa Anda lakukan untuk orangtua yang telah meninggal. Semoga informasi di atas bermanfaat. (dalamislam.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.