Inilah Alasan Air Hujan Tak Terasa Asin Menurut Alquran

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Alasan Air Hujan Tak Terasa Asin Menurut Alquran
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hujan merupakan proses penguapan dari air laut ke udara hingga berkumpul menjadi awan. Kemudian, awan berproses kembali hingga menjadi tetesan yang turun ke daratan.

Kendatipun berproses dari air laut, rasa air hujan sendiri tidaklah , melainkan tawar layaknya air biasa. Hal tersebut disebabkan karena hujan merupakan proses pemurnian air yang terjadi secara alami. Bayangkan saja bagaimana jika air hujan memiliki rasa yang asin?.

Jika demikian, kemungkinan air hujan yang asin tidak akan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh manusia, dan makhluk lainnya seperti saat ini. Dijelaskan dalam buku “Sains dalam ” yang ditulis Nadiah Thayyarah, bila bukan karena rahmat dan anugerah Allah, air hujan tentu akan berubah menjadi asin.

Akan tetapi, Allah SWT menganugerahkan kepada manusia suatu proses yang alamiah. Anugerah tersebut yakni uap air yang bersumber dari air lautan, samudra, dan daratan, serta melalui proses fotosintesis dan pernapasan tetumbuhan.

Setelah itu, uap air tersebut naik dan menebal, hingga turunlah air yang bersih. Hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu bahwa muncul zat asam walau terbentuk dalam ukuran yang kecil.

Rahmat Allah menakdirkan zat asam itu terbentuk dalam jumlah kecil dan tidak banyak, serta tidak mengganggu kesehatan manusia. Sekiranya Allah menghendaki, tentu Allah SWT bisa memperbanyak jumlahnya sehingga merusak kehidupan manusia.

Bahkan, air hujan secara alamiah terasa tawar dan merupakan air yang paling bersih. Jauh sebelum manusia mengetahui fakta sains ini, Alquran yang diturunkan sejak sekitar 14 abad lalu telah mengungkapkan hal tersebut.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya? Kalau Kami kehendaki, niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur?,” (QS. Al-Waqi'ah : 68-70). Wallahu A'lam. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.