Inilah Keistimewaan Unta dan Kuda yang Disebutkan dalam Alquran

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Unta dan kuda merupakan hewan berkaki empat yang sama-sama dapat ditunggangi. Kedua hewan ini ternyata memiliki keistimewaan yang telah disebutkan di dalam .

Seperti yang Anda ketahui, bahwa kemampuan unta beradaptasi dengan kondisi alam membuat manusia terdorong untuk memanfaatkannya sebagai alat transportasi handal. Bahkan, hewan yang satu ini memiliki karakter bisa bertahan di kehidupan gurun yang keras dan tidak minum berhari-hari.

Selain itu, unta juga bisa hidup di kawasan berbatu dan bersuhu rendah, membuatnya memiliki daya tahan dan kekuatan yang mengagumkan. Unta mampu menempuh jarak tidak kurang dari 35 kilometer dalam sehari dengan menggendong beban seberat 500 kilogram.

Rupanya, unta yang memiliki keistimewaan ini disebutkan di dalam Alquran. Allah berfirman: “Maka apakah mereka tidak memerhatikan unta bagaimana dia diciptakan,” (Surah Al-Gasyiyah : 17).

Sedangkan untuk kuda, hewan tersebut merupakan spesies mamalia modern dari genus Equus. Hewan ini juga menjadi hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis.

Tidak heran, bila hewan berkaki empat ini dimanfatkan sebagai hewan tunggangan oleh suku-suku pengembara (nomaden) di padang rumput dan gurun Asia Tengah dan Utara.

Sebagaimana dalam buku ‘Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran' karya Af Idah Salmah dijelaskan, bahwa kuda termasuk hewan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Pada musim panas, kuda bisa menghabiskan 50 kilogram rumput dalam sehari. Sedangkan pada musim dingin, makanannya bisa ditambah dengan jerami dan padi-padian serta terkadang ditambah dengan tetes tebu. Kebutuhan air bagi kuda dalam sehari mencapai 60 liter.

Layaknya unta, kuda juga telah disebutkan di salah satu ayat dalam Alquran. Sebagaimana firman Allah SWT: “Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya,” (QS An Nahl : 8). Wallahu A'lam. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.