Jangan Dirusak Lagi! Ahli Cagar Budaya Sumenep Ingatkan Bekas Keraton Parsanga Masih Ada

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Dirusak Lagi! Ahli Cagar Budaya Sumenep Ingatkan Bekas Keraton Parsanga Masih Ada
Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Sumenep, Tadjul Arifien R, saat berkunjung ke lokasi bekas Keraton Parsanga, Sumenep. Selasa (21/7/2020).

PortalMadura.Com, – Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengingatkan agar pembangunan jalan lingkar utara kota kabupaten tidak merusak bekas Keraton Parsanga.

“Itu masih ada (bekas , red). Jangan sampai dirusak lagi,” kata Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Sumenep, Tadjul Arifien R, saat berkunjung ke lokasi, Selasa (21/7/2020).

Tim turun langsung ke lokasi guna memastikan pekerjaan jalan lingkar utara tidak sampai merusak bekas keraton yang bernilai sejarah bagi warga Sumenep.

“Ini Pendopo Keraton Parsanga, kan masih ada bekasnya. Ada tumpukan batu-batu kuno. Jangan dirusak lagi ini,” ujarnya sambil menunjuk pada tumpukan batu kuno dimaksud.

Jangan Dirusak Lagi! Ahli Cagar Budaya Sumenep Ingatkan Bekas Keraton Parsanga Masih Ada
Pondasi bangunan bekas Pendopo Keraton Parsanga Sumenep @portalmadura.com

Kurang lebih berjarak 500 meter ke arah utara dari pilar pintu gerbang bekas Keraton Parsanga yang dirusak oleh pekerja proyek jalan lingkar utara kota Sumenep itu terlihat rimbun.

Di areal tersebut banyak tumpukan batu kuno dan mirip dengan sebuah pondasi bangunan. Tidak ada yang tahu berapa luas dari pondasi bangunan yang terlihat tidak terawat tersebut.

“Kita memang sering menyarankan agar dibersihkan, tapi warga takut karena banyak ular kobra katanya,” ujar Tadjul, sapaan akrab Tadjul Arifien R, pada PortalMadura.Com.

Jangan Dirusak Lagi! Ahli Cagar Budaya Sumenep Ingatkan Bekas Keraton Parsanga Masih Ada
Tim Ahli Cagar Budaya Sumenep dan Pejabat Dinas PU Bina Marga setempat melakukan pengukuran untuk memastikan pembangunan jalan lingkar utara tidak merusak bekas Pendopo Keraton Parsanga, Sumenep @portalmadura.com

Baca Juga : Ahli Cagar Budaya: Wajar Warga Marah Dengan Pengrusakan Sayap Pilar Pintu Gerbang Keraton Parsanga

Sementara, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Erik Susanto memastikan pembangunan jalan lingkar utara tidak sampai pada bekas Keraton Parsanga.

Gak, masih jauh. Aspalannya sampai disini saja,” terang Erik Susanto di lokasi.

Diperkirakan, aspal pembangunan jalan lingkar utara kota Sumenep berjarak lebih dari 2 meter ke lokasi bekas Keraton Parsanga, Sumenep.

“Luas jalan ini tidak sama dengan lingkar timur. Jadi, aspal tidak sampai ke bekas Keraton Parsanga,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.