Ahli Cagar Budaya: Wajar Warga Marah Dengan Pengrusakan Sayap Pilar Pintu Gerbang Keraton Parsanga

Avatar of PortalMadura.com
Ahli Cagar Budaya: Wajar Warga Marah Dengan Pengrusakan Sayap Pilar Pintu Masuk Keraton Parsanga
Tadjul Arifien R @portalmadura.com

PortalMadura.Com, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menilai wajar jika warga Desa Parsanga, marah dengan adanya pengrusakan pada sayap pilar pintu gerbang bekas .

“Wajar marah. Itu kan kebanggaan masyarakat,” kata Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Sumenep, Tadjul Arifien R, saat berkunjung ke lokasi pilar pintu gerbang bekas Keraton Parsanga, Selasa (21/7/2020).

Beruntung kata dia, kerusakan akibat pekerja pelebaran jalan tidak sampai merusak pilar utama yang menjulang tinggi. “Kalau pilar utama yang dirusak pasti fatal. Pasti warga marah besar,” ujarnya.

Sayap Pilar Pintu Gerbang Bekas Keraton Parsanga Sumenep Dirusak
Pilar Pintu Gerbang Bekas Keraton Parsanga Sumenep bagian timur yang dirusak. Senin ( (20/7/2020). Ist for @portalmadura.com

Menurut dia, yang dirusak adalah bangunan bagian kuping dari pilar utama pintu gerbang bekas Keraton Parsanga. “Bangunan pada bagian kuping itu sudah pengembangan. Yang diduga masuk cagar budaya itu pilar utama,” terangnya.

Baca Juga : Sayap Pilar Pintu Gerbang Bekas Keraton Parsanga Sumenep Dirusak

Pihaknya belum bisa menyebutkan pilar pada pintu gerbang bekas Keraton Parsanga tersebut sebagai cagar budaya. “Statusnya masih ODCB (Objek Diduga Cagar Budaya),” ucapnya.

Kenapa?. kata dia, karena Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Sumenep belum melakukan kajian. Namun, pilar pintu gerbang bekas Keraton Parsanga tersebut sudah masuk dalam daftar untuk dikaji.

“Dari dinas sudah diusulkan pada kami, urutan ke-182 dari 200 lebih objek yang diduga cagar budaya. Kami perlu mengkaji terlebih dahulu,” katanya menjelaskan.

Sayap Pilar Pintu Gerbang Bekas Keraton Parsanga Sumenep Dirusak
Pilar Pintu Gerbang Bekas Keraton Parsanga Sumenep bagian timur yang dirusak. Selasa (21/7/2020) mulai diperbaiki @portalmadura.com

Keinginan warga agar dikembalikan pada wujud bangunan semula, pihaknya juga mengamini hal tersebut. “Ya, silahkan. Memang harus dikembalikan dan tetap memerhatikan estetikanya,” pungkasnya.(*)

Baca Juga : Pejabat Disparbudpora: Kerusakan Pilar Pintu Gerbang Keraton Parsanga Capai 50%

Baca Juga : Sayap Pintu Gerbang Keraton Dirusak, Pejabat PU Bina Marga Sumenep Akui Kesalahan Pekerja

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.