Jangan Sering Tunda Bangun Tidur, 5 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuh Anda

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Sering Tunda Bangun Tidur, 5 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuh Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, seseorang sulit ketika akan bangun dari . Walaupun sudah menggunakan alarm sebagai alat pengeras suara, tidak sedikit dari beberapa orang yang masih menundanya atau bahkan mematikannya.

Berharap masih ingin tidur beberapa menit saja untuk kemudian mengumpulkan tenaga saat bangun memang tidak jadi masalah. Tapi, apabila kebiasaan ini sering dilakukan, tidak baik juga bagi Anda. Pasalnya, dapat menyebabkan hal buruk yang mungkin tidak pernah muncul dalam pikiran Anda.

Apa saja bahaya menunda bangun tidur itu?. Berikut ulasannya :

Hormon Mulai Bercampur Aduk
Ketika Anda mulai terbangun, hormon melatonin secara alami mulai menurun. Kinerja tubuh digantikan dengan hormon kortisol, yang membuat Anda menjadi bersemangat. Selain itu, hormon serotonin, dopamin, dan adrenalin pun meningkat.

Saat sudah terbangun, namun Anda tidak kunjung beranjak dari tempat tidur, tubuh akan sulit untuk mengatur perubahan hormon ini. Akibatnya, Anda akan merasa tidak segar sepanjang hari.

Mengalami Mabuk Tidur
Kerap mengalami kebingungan setelah bangun tidur?. Bisa jadi Anda mengalami mabuk tidur. Kondisi ini terjadi ketika Anda mengalami masalah kognitif pada tubuh.

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut, seperti kurangnya mengonsumsi makanan bergizi, tidur tidak nyenyak, dan kerap menunda waktu bangun tidur.

Buang Air Besar di Pagi Hari Terlewatkan
Ketika Anda tidur, sistem pencernaan pun melakukan relaksasi. Namun, saat terbangun, serangkaian kontraksi otot menyebabkan pemindahan makanan dari saluran pencernaan ke saluran pembuangan. Hal inilah yang membuat Anda cenderung memiliki kebiasaan buang air besar di pagi hari.

Jika sering menunda bangun pagi, sistem kerja pencernaan tersebut menjadi kacau, sehingga Anda cenderung tidak ingin buang air besar. Hal inilah yang membuat Anda berpotensi mengalami sembelit dan kembung.

Tidak Lapar di Pagi Hari
Saat Anda tertidur, hormon ghrelin, atau hormon yang mengatur nafsu makan, tidak diproduksi sebagaimana mestinya. Ketika bangun, hormon ini pun diproduksi kembali, sehingga wajar saat Anda merasa lapar di pagi hari.

Namun, saat Anda tidak kunjung bangun, inilah yang menyebabkan hormon ghrelin tidak terbentuk dengan baik, sehingga Anda tidak merasa lapar di pagi hari. Hal inilah yang membuat Anda kerap melewatkan sarapan pagi, dan ini berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Menjadi Tidak Percaya Diri
Bagi Anda yang memang memiliki pola bangun tidur bertahap, menambah waktu tidur selama tiga sampai lima menit mungkin akan sedikit membantu.

Namun, jika Anda justru sudah terbangun, dan mencoba untuk tidur kembali, hal inilah yang menjadi bahaya. Seseorang yang memiliki gangguan tidur, umumnya akan mendengkur dan mendengus saat tersentak bangun. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya ketidakpercayaan diri. (Liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.