oleh

Jokowi Perintahkan Bawahannya Percepat Evakuasi Bencana Longsor NTT

PortalMadura.Com – Presiden Joko Widodo memerintahkan bawahannya untuk segera mempercepat evakuasi dan penanganan serta dampak bencana di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Jokowi — sapaan akrab Joko Widodo — menegaskan penanganan bencana seperti bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik dan kebutuhan dasar untuk pengungsi serta perbaikan infrastruktur harus dilaksanakan dengan segera.

“Saya mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dari bencana banjir dan longsor karena meningkatnya curah hujan yang ekstrem,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (5/4/2021).

Presiden mengatakan dirinya telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Panglima TNI dan Kapolri untuk secara cepat melakukan evakuasi dan penanganan korban bencana serta penanganan dampak bencana.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyatakan duka cita mendalam atas korban meninggal dunia akibat bencana yang terjadi di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Banjir bandang dan tanah longsor akibat hujan deras pada Minggu pukul 01.00 WITA melanda sejumlah wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebabkan 54 orang tewas.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur melaporkan banjir tersebut melanda Desa Oyang Barat, Kecamatan Wotan Ulumado, Desa Lamanele, Kecamatan Ile Bokeng, Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia.

Dalam sepekan ke depan potensi hujan sedang – lebat diprediksi terjadi di wilayah, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Sedangkan potensi hujan sangat lebat diprediksi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan NTT.

Potensi angin kencang diprediksi terjadi di wilayah Lampung, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, NTT dan Sulawesi Selatan.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : AA

Komentar