oleh

Jumlah Disabilitas di Sumenep Mencapai 1.485 Orang

SUMENEP (PortalMadura) – Jumlah disabilitas (keterbatasan) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mencapai 1.485 orang, yakni terdiri dari cacat tuna rungu, cacat tubuh, dan cacat tuna netra.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Sumenep, Zainurul Qamari menuturkan, penyandang cacat di Sumenep sebanyak 1.485 orang, baik cacat berat maupun cacat ringan.

“Data yang kami dapat, sebanyak 1.485 penyandang cacat yang tersebar di daratan dan kepulauan,” kata Zainurul Qamari, Senin (02/12/13).

Dijelaskan, sejak tahun 2009 hingga 2011 ada 104 penyandang cacat berat atau tidak produktif dan tahun 2012 hingga sekarang mendapatkan tambahan sebanyak 33 orang, jumlahnya mencapai 137 orang yang mendapatkan bantuan dari APBN.

iklan hari santri

“Setiap orang mendapatkan bantuan uang sebanyak Rp300 ribu per orang, per bulan bagi penyandang cacat berat. Penyalurannya melalui kantor pos,”ungkapnya.

Bagi penyandang cacat ringan atau penyandang cacat yang masih produktif (masih bisa bekerja, red) mendapatkan bantuan dari APBD. Setiap tahun ada 35 penyandang cacat ringan yang mendapatkan bantuan dari Pemkab setempat.

“Dengan rincian, ada 5 kecamatan yang mendapatkan bantuan diantaranya kecamatan Kota, Pasongsongan, Dasuk, Gayam dan Sapeken. Setiap kecamatan ada 7 orang penyandang cacat yang mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta per orang,” jelasnya.

Dia berharap, pada tahun berikutnya, jumlah penerima bantuan itu bisa ditambah sehingga para penyandang cacat baik berat maupun ringan bebannya bisa terkurangi. “Semoga bantuan itu bisa ditambah,” pungkasnya.(arif/htn).


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.