oleh

Keistimewaan dan Manfaat Surah An-Nas Dalam Kehidupan Sehari-hari

PortalMadura.Com – Surah An-Nas merupakan salah satu surah yang diturunkan di Mekkah (dinamakan Makiyyah). Surah An-Nas merupakan surah ke-114 dalam Al Quran, surah ini terdiri dari 6 ayat. Namun dari urutan turunnya, Surah An-Nas merupakan surah ke-21 setelah surah Al Falaq, sebelum surah Al Ikhlas.

Nama An-Nas diambil dari kata An-Nas yang berulang kali disebut dalam surah ini yang memiliki arti manusia. Isi surah An-Nas adalah dianjurkan bagi manusia untuk memohon segala perlindungan kepada Allah dari semua godaan setan, baik yang berasal dari golongan manusia maupun jin dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari laman Artikelsmua21.Blogspot.Com, Jumat (25/9/2020), dibawah ini ulasan selengkapnya mengenai keistimewaan dan manfaat dari surah An-Nas:

Keistimewaan dan Manfaat dari Membaca Surah An-Nas

Aisyah menerangkan: bahwa Rasulullah SAW pada setiap malam apabila hendak tidur, Beliau membaca surah Al-Ikhlas, surah Al-Falaq dan surah An-Nas, ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian disapukan ke seluruh tubuh dan kepala. Manfaatnya adalah agar terhindar dari sihir, tenung, santet, dan lainnya.

Sayyidina’ Ali r.a. menerangkan: pernah Rasulullah SAW digigit kalajengking, kemudian Beliau mengambil air garam. Dibacakan surah Al-Falaq dan surah An-Nas lalu disapukan pada anggota badan yang digigit kalajengking tadi. Manfaatnya adalah untuk menghilangkan racun berbisa.

iklan hari santri

‘Uqbah bin’ Amir menerangkan, ketika saya sesat jalan dalam suatu perjalanan bersama dengan Rasulullah SAW, Beliau membaca surah Al-Falaq dan surah An-Nas dan akupun disuruh juga untuk membacanya. Manfaatnya adalah agar tidak mengalami tersesat dijalan yang diakibatkan tempat-tempat angker dan kejahatan manusia seperti rampok dan apes.

Barang siapa terkena penyakit karena perbuatan setan atau manusia, hendaklah membaca Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas sebanyak 41 kali selama 3 hari, 5 hari atau 7 hari berturuh-turut. Manfaatnya adalah supaya cepat sembuh dari penyakit tersebut.

Barang siapa yang takut akan godaan setan atau manusia atau takut dalam kegelapan malam, atau takut kejahatan manusia, bacalah surah Al-Falaq dan surah An-Nas sebanyak 100 kali. Manfaatnya adalah InsyaAllah Anda akan aman berada dimanapun.

Uqba bin Amar RA meriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersabda “Malam ini diturunkan dua surat kepadaku yang tidak ada hal lain yang bisa menandinginya. Yaitu surah Al Falaq dan surah An-Nas.” (Muslim). Manfaatnya adalah dengan sering membaca amalan surah An-Nas supaya dalam kehidupan kita sehari-hari menjadi lebih baik lagi dan dijauhi dari segala musibah serta mendapat pertolongan dari Allah SWT.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : Artikelsmua21.Blogspot.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.