oleh

Kekurangan Air Bersih, Warga Kalianget Sumenep Ambil Air dari Bocoran Pipa PDAM

PortalMadura.Com, Sumenep – Warga di dua desa Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yakni Desa Pinggir Papas dan Desa Karanganyar mengalami kekurangan air bersih lantaran selama lima hari terakhir ini air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) macet.

“Sebagian warga terpaksa harus mengambil air dari bocoran pipa utama milik PDAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih,” kata salah seorang warga Desa Pinggir Papas, Saed, Kamis (24/8/2017).

Selama ini persediaan air bersih di dua desa itu dipenuhi oleh PDAM sehingga kalau air dari PDAM macet selama dua hari saja akan sangat berdampak pada kebutuhan air warga setempat.

“Kami juga tidak tahu kenapa air dari PDAM ini macet. Apakah ada kerusakan pipa kami juga tidak tahu, kalau rusak semoga cepat diperbaiki,” harapnya.

Ia juga meminta, kalau ada kerusakan pipa pihak manajemen segera memperbaiki karena warga rutin membayar langganan air bersih tersebut.

“Jangan hanya bayaran yang ditekan, pelayanan kepada masyarakat juga lebih ditingkatkan,” jelasnya.

Loading...

Terpisah, Direktur PDAM Sumenep Sih Purwadianto membenarkan macetnya air PDAM yang di dua desa tersebut. Untuk itu, pihaknya mengaku telah melakukan komunikasi dengan Forpimka Kalianget dan Kepala Desa terdampak.

“Penyebab macetnya air bersih itu karena ada saluran pipa yang bocor di Kecamatan Saronggi. Saat ini masih dalam tahap perbaikan,” ungkap Direktur PDAM.

Ia menegaskan, perbaikan yang dilakukan membutuhkan waktu yang relatif lama, karena tingkat kerusakannya tergolong tinggi. Selain harus izin kepada Pemerintah Pusat karena jalan nasional, juga diakibatkan ada cor di atas pipa tersebut.

“Salah satu faktor kerusakan itu karena adanya pelebaran jalan, pipa yang terpendam dengan kedalaman sekitar tiga meter itu pecah akibat tidak kuat menahan tonase muatan kendaraan yang sering melintas di jalur tersebut. Kerusakan sekitar 80 meter hingga 100 meter,” ucapnya.

Ia memastikan, jika tidak ada kendala lain, perbaikan itu akan selesai besok, karena hari ini direncanakan memulai pemasangan pipa baru.

“Perbaikan dilakukan siang dan malam. Besok insya Allah sudah normal kembali,” imbuhnya. (Arifin/Putri)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar