oleh

Ketahui 4 Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Kuliah di Luar Negeri

PortalMadura.Com – Setelah lulus SMA, saatnya menentukan pilihan untuk melanjutkan studi di berbagai universitas di dalam maupun di Luar negeri. Nah, bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Agar tidak bingung lebih lama, berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan bila Anda ingin kuliah ke luar negeri.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Dokumen Perjalanan
Saat merencanakan untuk pergi ke luar negeri, tentunya ada dokumen-dokumen yang harus kita bawa. Seperti paspor dan visa.

Untuk pelajar yang sedang melakukan studi di luar negeri, Anda harus mempersiapkan visa khusus pelajar. Urusan dokumen ini nomor satu ya, girls, karena kita nggak akan bisa keluar negeri tanpa dokumen yang jelas.

Persyaratan dari Universitas yang Dituju
Always check and re-check. Setelah mengetahui universitas mana yang dituju, Anda harus selalu memastikan apa saja yang harus dibawa dari Indonesia.

Biasanya, dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, akte dan data pribadi lainnya akan diterjemahkan terlebih dahulu ke bahasa yang digunakan di negara yang Anda tuju.

Selain itu, beberapa universitas juga mengharuskan calon mahasiswanya membuat motivation letter. Perhatikan setiap detail persyaratan ya.

Baca Juga: Guys, Ketahui 5 Cara Mudah Pilih Universitas di Luar Negeri

Belajar Bahasa dan Budaya
Untuk bisa kuliah di luar negeri, Anda juga harus punya modal dalam kemampuan berbahasa. Selain untuk berkomunikasi sehari-hari, tentunya skill berbahasa ini juga digunakan saat kuliah.

Namun tidak cukup dengan belajar bahasa, Anda juga sebaiknya mempelajari budaya yang ada di negara tujuan. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya miskomunikasi.

Mengingat budaya di setiap tempat akan berbeda dan tentu Anda pun akan berkomunikasi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda juga.

Alat Komunikasi
Selama berada di luar negeri, Anda harus selalu memberi kabar pada keluarga di rumah. Manfaatkanlah koneksi internet dan gadget yang Anda miliki sebaik mungkin.

Selain itu, saat ini juga sudah banyak aplikasi yang didukung dengan fitur video call sehingga Anda bisa sedikit melepas rasa kangen saat berada jauh dari rumah.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar