Ketahui 7 Adab Masuk Kamar Mandi Dalam Agama Islam

Avatar of PortalMadura.com
Ketahui 7 Adab Masuk Kamar Mandi Dalam Agama Islam
Ilustrasi (Kompas.com/Shutterstock)

PortalMadura.Com – Setiap manusia harus mengetahui yang berlaku, seperti adab bertamu, adab makan, dan adab ke . Dalam agama Islam ada adab ke kamar mandi dan saat berada di dalam kamar mandi.

Berikut adab saat ke kamar mandi yang sering dilupakan, dilansir dari laman Umma.id, Sabtu (25/7/2020):

Berdoa Sebelum Masuk Kamar Mandi

Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan, “Rasulullah SAW ketika memasuki jamban, beliau ucapkan: Allahumma inni a'udzu bika minal khubutsi wal khobaits (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan.” (HR. Bukhari no. 142 dan Muslim no. 375)

Mendahulukan Kaki Kiri

“Rasulullah SAW lebih suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang baik-baik).” (HR. Bukhari no. 168 dan Muslim no. 268)

Tidak Berlama-lama

Saat Anda berada di dalm kamar mandi, maka jangan berlama-lama di kamar mandi. Dari Zaid bin Arqam radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya toilet ini dihadiri setan”. (HR. Ahmad 19807, Abu Daud 6, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Tidak Menghadap dan Membelakangi Kiblat

Saat Anda buang hajat maka jangan sampi menghadap dan membelakangi kiblat. Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian mendatangi jamban, maka janganlah kalian menghadap kiblat dan membelakanginya. Akan tetapi, hadaplah ke arah timur atau barat.” Abu Ayyub mengatakan, “Dulu kami pernah tinggal di Syam. Kami mendapati jamban kami dibangun menghadap ke arah kiblat. Kami pun mengubah arah tempat tersebut dan kami memohon ampun pada AllahTa'ala.” (HR. Bukhari no. 394 dan Muslim no. 264)

Gunakan Tangan Kiri

Saat Anda membersihkan kemaluan dan daerah dubur maka gunakan tangan kiri, hal ini karena tangan kanan digunakan makan dan kegiatan lainnya. Dari Abu Qotadah, Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah ia bernafas di dalam bejana. Jika ia buang hajat, janganlah ia memegang kemaluan dengan tangan kanannya. Janganlah pula ia beristinja' dengan tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 153 dan Muslim no. 267)

Disarankan Diam

Disarankan bagi kaum muslin untuk tidak berkata apa-apa apalagi bernyanyi di dalam kamar mandi. Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata: “Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya.” (HR. Muslim no. 370)

Berdoa Saat Keluar Kamar Mandi

Berdoa bukan hanya saat Anda masuk kamar mandi, namun saat Anda keluar kamar mandi harus berdoa. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Rasulullah SAW biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).” (HR. Abu Daud no. 30, At Tirmidzi no. 7, Ibnu Majah no. 300, Ad Darimi no. 680)

Anda bisa mengamalkan adab yang sesuai dengan syariat agama Islam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.