oleh

Ketahui Batas Waktu Salat Tahajud Dalam Islam

PortalMadura.Com – Tahajud merupakan salat sunah yang dikerjakan pada malam hari. Salat ini dikerjakan dalam kondisi sudah tidur terlebih dahulu walaupun hanya sebentar. Salat tahajud ini memiliki batas waktu yang harus Anda ketahui.

Batas waktu salat tahajud harus Anda perhatikan. Salat ini dikerjakan disaat orang lain sedang beristirahat. Berikut pembagian batas waktu salat tahajud dilansir dari laman Mistamajahp.com, Jumat (17/7/2020):

iklan pilbup

Sepertiga Malam Pertama

Pertama batas waktu salat tahajud yaitu pukul 22.00 malam. Namun harus terbangun dari tidur terlebih dahulu walaupun hanya sekedar tertidur sekejap.

Sepertiga Malam Kedua

Pembagian waktu kedua ini antara pukul 22.00 hingga pukul 01.00. Sepertiga malam kedua ini dipercaya memiliki fadhilah serta keistimewaan untuk mereka yang berhasil melakukan salat tahajud.

Sepertiga Malam Ketiga

Sepertiga malam terakhir yaitu dari pukul 01.00 hingga sebebelum memasuki waktu subuh. Paling utama mengerjakan salat tahajud ini pada malam sepertiga terakhir. Sepertiga malam terakhir bisa diraih dan apa yang menjadi hajat (permohonan) kalian bisa dikabulkan oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terkahir. Ia (Allah) pun berkata, “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hinga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang beristihgfar sehingga Aku ampuni dosanya ? ”

Wallahu a’lam

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Mistamajahp.com,
Tirto.ID
Loading...

Komentar